Pembangunan Mega Proyek UNP Dikebut

N3, Padang ~ Uni­versitas Negeri Padang (UNP) te­rus mengebut pe­kerjaan mega pro­yek International De­ve­­lopment Bank (IDB). Di­­­per­kirakan pada bulan April men­­datang, pro­yek ini sudah bisa di­ram­pung­kan.

Project Ma­na­ger Pe­ngem­ba­ngan Kam­pus UNP, Prof Ganefri kepada me­dia, di ruang pertemuan Rek­­torat UNP me­nga­takan, sam­pai saat ini total pengerjaan pro­yek fisik pin­jaman IDB sudah mencapai 64 pesen. Saat ini, UNP terus me­lakukan per­cepatan pe­nger­jaan, se­hingga bisa segera digunakan.

“Memang sudah lewat dari target yang ada sebe­lumnya, yaitu pada 31 De­sember 2015. Namun, kita udah ajukan lagi ke Ke­menterian untuk per­panjangan kon­trak hingga De­sem­ber ta­hun ini, Al­ham­­dullilah di­setujui,” te­rangnya.

Keterl­am­ba­tan ini, kata Ga­nefri, yaitu di­se­babkan beberapa faktor, di anta­ra­nya pem­ba­ngunan student center yang dilakukan di bekas gedung perkuliahan Univesitas An­dalas (Unand) tepatnya di samping Masjid Al-Azhar, ka­rena masih ha­rus di­lakukan peng­galian, sebab banyaknya batu di da­sar ta­nah.

“Dalam ren­ca­nanya akan se­gera di bangun, tapi setelah di­lakukan penggalian ter­nyata ba­nyak batu dan ha­rus di­ber­sih­kan lagi,” terangnya.

Selain itu, juga dilakukan penyesuaian kons­truksi ban­gu­nan dengan kondisi di Sum­bar yang ramah gempa. Hal ini juga cukup menyita banyak waktu, karena harus di­lakukan pe­rubahan item pe­ker­jaan. “Ini lah dasar di­ajukannya ad­den­dum dan sudah disetejui oleh pihak IDB,” ujarnya. Mega proyek yang di­tar­getkan selesai da­lam kurun waktu 365 hari kerja dengan me­makan ang­garan biaya men­capai Rp180 miliar tersebut, meliputi gedung Uni­versity Centre, Au­ditorium, Inte­grated La­boratory, Integrated Class­room, Student Cen­tre, Trai­ning Centre, Bussiness Centre dan ICT Centre, serta kolam renang bertaraf inter­nasional dan Sekolah Labor UNP.

Melihat kondisi ini, Di­rektur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ke­men­ristek Dikti, Intan Ahmad dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi pekerjaan yang dilakukan UNP untuk me­lakukan pengembangan uni­versitas dalam menunjang kua­litas lulusannya.

“Ini well executed, kerja lebih keras lagi dan UNP pasti bisa melakukannya. Saya sa­ngat me­ngapresiasi apa yang dilakukan UNP,” kata­nya di depan Wakil Rektor III UNP, Syahrial Bahtiar, WR IV UNP, Ardipal dan civitas akadimika UNP.

Ditegaskan WR III UNP, Syahrial Bahtiar, bahwa sela­ma pengerjaan mega proyek IDB tersebut, tidak ada gang­guan terhadap perkuliahan di UNP. Proses perkuliahan masih tetap berjalan dengan baik. “Per­kuliahan, program ke­maha­siswaan dan semua akt­ivitas di UNP masih tetap ber­jalan de­ngan baik. Pem­ba­ngunan ini tidak menganggu aktivitas di UNP,” tuturnya. sumber : h/isr/hl.com
Previous Post Next Post