Wahyu : "Pemberian IMB Hotel Tuk Sementara Agar Dihentikan"

N3, Padang ~ Kota Padang telah mengalami kelebihan jumlah kamar dan ini disebabkan jumlah kamar dan tingkat hunian yang tidak sebanding.Hal ini disampaikan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar Maulana Yusran. 
 
Seharusnya ini menjadi kajian dan pertimbangan bagi pemerintah kota dalam memberikan IMB hotel di Kota Padang agar tidak menimbulkan kerugian nantinya."Pemerintah perlu berdiskusi tentang perizinan itu dengan PHRI dan pihak terkait lainnya agar tidak membuka celah pemberian perizinan dengan mudah begitu saja,"katanya.
 
Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra dalam hal ini meminta pemerintah kota untuk menghentikan sementara terkait penambahan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) hotel di Kota Padang,Sumatera Barat.Pemko melalui dinas terkait supaya melakukan perencanaan yang baik sebelum mengeluarkan izin tersebut kedepannya.
 
"Pemerintah jangan mengecewakan investor dengan terus menambah IMB hotel di Kota Padang. Hentikan dulu, sudah cukup dengan delapan hotel yang sudah dapat izin saja," kata Wahyu, Jumat (15/1) di DPRD Padang.
 
Dikatakan Kota Padang belum benar-benar siap karena masih melakukan pembenahan dan perlu melihat perkembangan tingkat kunjungan wisatawan dan hunian hotel yang ada terlebih dahulu. "Saat ini tingkat hunian hotel Padang masih terbantu dengan adanya hunian limpahan seperti wisatawan yang akan berkunjung ke Mandeh dan menginap dulu di Padang,"terangnya.
 
Situasi tersebut tambahnya, harus menjadi pertimbangan bagi pemerintah kota dalam melakukan perencanaan sebelum memberikan IMB hotel, karena tidak menutup kemungkinan di kawasan wisata lain seperti Mandeh akan mendirikan hotel sehingga wisatawan tidak perlu lagi menginap di Padang sebagai persinggahan. 
 
Selain itu, adanya tambahan hotel di Kota Padang harusnya diiringi dengan solusi pemerintah dalam meningkatkan kunjungan ke daerah itu seperti mengadakan berbagai kegiatan lokal, nasional dan internasional agar tidak merugikan investor dan pengusaha."Pemerintah jangan hanya memungut pajak hotel saja, melainkan memberikan solusi agar tingkat hunian hotel dapat terus meningkat,"ungkapnya.(M7).
Previous Post Next Post