Warga Gunung Sarik Curhat ke Walikota

N3, Padang ~ Warga Kelurahan Gunung Sarik, Kecamatan Kuranji, Padang mencurahkan isi hatinya (curhat) kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo. Warga daerah tersebut menginginkan jalan yang bagus dan mulus terbentang di daerahnya.

"Kami memohon kepada Pak Wali agar memperbaiki jalan di tempat kami ini," ujar Indra, salah seorang jamaah Masjid Al Hidayah.

Curahan hati warga kepada Walikota Padang disampaikan pada saat pelaksanaan program 'Jumat Keliling' (Jumling). Curhat itu lebih difokuskan kepada infrastruktur jalan.

Indra membenarkan, bahwa selama ini jalan di depan lokasi penambangan cley (tanah liat) di daerahnya itu rusak parah dan berlubang. Ketika hujan, becek dan sulit untuk dilewati. "Banyak yang mengeluh dengan kondisi jalan," ujarnya di depan Walikota.

Indra menyebut, para pekerja tambang acap dikambinghitamkan sebagai penyebab rusaknya jalan tersebut. "Masyarakat pencari nafkah di tambang kerap dikambinghitamkan, padahal ada sekitar 300 warga kami yang bekerja di sana. Karena itu mohon jalan kami bisa diperbaiki," ucapnya kepada walikota dan kepala SKPD yang hadir.

Seperti berbalas pantun, Walikota Padang langsung menjawab keinginan jamaah masjid Al Hidayah. Mahyeldi menuturkan, penyebab rusaknya jalan di depan pertambangan itu salah satunya karena kendaraan tonase besar yang selalu berseliweran di daerah pertambangan tersebut. Namun begitu, dua opsi akan dilakukan, yakni peningkatan jalan atau pengendalian kendaraan. Pemko Padang lebih cenderung untuk memilih memperbaiki jalan dan kemudian mengalihkan kendaraan besar tersebut.

"Ba'a pun elok jalan, oto gadang lalu, capek rusaknyo (bagaimana pun bagus jalan, kalau kendaraan besar lewat, cepat juga rusaknya)," kata Walikota.

Di sisi lain, terkait pengaspalan jalan lingkungan, Walikota menyebut bahwa hingga detik ini pengerjaan pengaspalan jalan lingkung di Kota Padang telah mencapai 52 persen. Ditargetkan seluruh jalan lingkung berhasil diaspal pada tahun 2017 nanti.

Tidak saja curhat kepada kondisi jalan, warga juga menginginkan saluran air pertanian lancar. Termasuk listrik ke rumah warga. "Daerah kami ini hulunya air, namun setiap tahun petani selalu mengeluhkan sulitnya sumber air," curhat warga lain.

Mendengar itu, Walikota menugaskan Kepala Dinas Pernakbunhut Dian Fakri untuk melihat saluran air yang ada. Apabila terdapat saluran yang tidak rapi agar supaya diperbaiki dan dirapikan.

Dalam Jumling itu hadir diantaranya Kepala Dinas PU Fatriarman, Kepala Bappedalda Edi Hasymi, Kepala DKP Afrizal Khaidir, Kasatpol PP Firdaus Ilyas, Kepala Bapedalda Edi Hasymi, Kabag Kesra Al Amin, Kabag Humas Protokol Mursalim, Sekcam Kuranji Yoga dan lainnya. Kemudian di akhir Jumling itu juga diserahkan bantuan kepada masjid Al Hidayah. Bantuan dari Pemko Padang itu diterima Ketua Pengurus Masjid Al Hidayah, Muhammad Hatta.

"Terimakasih kepada Pemko Padang. Ini akan digunakan untuk pembangunan masjid," ujarnya. Charlie
Previous Post Next Post