Peringatan Hari Ibu

N3, Bandung ~ Peringatan Hari Ibu Tahun 2015 pada Tanggal 22 Desember ini dimaknai Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat sebagai momentum membangun kehangatan dan keceriaan anak-anak, sekaligus sebagai upaya mencegah bertambahnya kasus-kasus kekerasan pada anak.

Untuk itulah, P2TP2A Prov. Jabar akan menggelar "Ulin Jeung Barudak" di Lapangan Sesko AU, Lembang, Kab. Bandung Barat, pada Minggu (20/12),  pkl. 06.00 – 11.30. Ini adalah sebuah acara yang menyajikan kembali berbagai macam jenis permainan tradisional Jawa Barat (Kaulinan Barudak) untuk dimainkan bersama.

Beberapa jenis kaulinan yang bisa dilakukan secara bersama oleh orang tua dan anak di sana, antara lain membuat kerajinan tangan; Luncat Tali (Main Tali); Oray – orayan (Ular-ularan); Galah; Teteloponan (Telepon Tradisional); Kelom Batok (Sendal dari batok kelapa menggunakan tali); Hahayaman (Ayam-Ayaman); dan Sondah. Acara ini rencananya akan melibatkan sedikitnya 500 orang anak usia sekolah dasar beserta para orang tua mereka dari Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya.

Ketua P2TP2A Prov. Jabar, Netty Heryawan mengatakan kaulinan barudak (permainan anak) atau dolanan anak (Jawa), sesungguhnya bukan permainan yang hanya sekedar untuk bersenang-senang, akan tetapi merupakan bagian dari ethno paedagogik dan pendidikan budi pekerti. Di dalamnya mengandung benih pelajaran kedisiplinan, kepercayaan diri, kehidupan bersama, kepekaan sosial, bahkan yang terpenting adalah muatan akhlak budaya. **

"Akhlak budaya menjadi penting karena inilah salah satu pilar yang akan membentuk karakter anak di masa depan sebagai manusia sosial. Inilah yang akan menjadi soko guru dalam membentuk karakter bangsa," paparnya di Bandung.
Previous Post Next Post