Gubernur Tebar Jutaan Benih Ikan

N3, Sumedang ~ Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tebar 2.500.000 benih ikan lokal di Bendung Jatigede Cijeungjing Kab. Sumedang. Kegiatan penebaran ikan ini diinisiasi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Barat.

Penebaran benih ikan ini dimaksudkan pembudidayaan ikan lokal, disamping pemanfaatan Bendungan dengan mengisi ikan. Nantinya, jika ikan itu sudah cukup umur untuk dipanen, dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar bendungan.

Jenis-jenis ikan yang ditebarkan diantaranya : Ikan Patin, Ikan Tambakan, Ikan Emas, Ikan Kancra, Ikan Tawes, Ikan Nilem, Ikan Beureun Panon, Ikan Baung, Ikan Grasscrap, Ikan Bandeng dan Udang Galah

Dua puluh karung plastik berisi ribuan benih ikan, ditebarkan oleh Gubernur bersama Wabub Sumedang, unsur Muspida Kab. Sumedang, Kadis Perikanan dan Kelautan, Djafar Ismail dan Kadis PSDA Prov. Jabar, Dedi.

Usai menebarkan benih ikan Gubernur menjelaskan kepada awak mediai, "bila ikan ini sudah besar maka dipersilakan kepada masyarakat untuk memancingnya, misalnya "dikecrik" atau dipancing biasa. "Tidak diperbolehkan membuat keramba ikan atau jaring apung oleh masyarakat", tegas Gubernur.

Mengenai makanan untuk ikan ini, imbuh Gubernur, hal itu tidak diperlukan, karena jenis ikan ini hanya memakan plangton-plangton yang diproduksi di alam.

Target benih ikan yang ditebar di Waduk Jatigede adalah sebanyak 10 juta ekor dan sekarang baru 2,5 juta ekor, sisanya akan dipenuhi pada setaip tahun, ujar Gubernur.

Usai menebar ikan, Gubernur menyempatkan menanam pohon di pinggiran bendung. "Jenis pohon "Sawo" yang ditanam gubernur", yaitu Pohon Sawo. Pemilihan pohon sawo ini alasannya, karena jenis ini banyak ditanam masyarakat Sumedang. **
Previous Post Next Post