Peduli Rakyat ; Pemko dan Baznas


N3, Padang ~ Bapak Basyir mestinya tak lagi bersedih. Penderitaan hidup yang dialami pria 83 tahun ini sedikitnya sudah diringankan dengan adanya perhatian dari Pemerintah Kota Padang dan Baznas. Rumahnya yang reot akan direhab, anak perempuannya yang lumpuh diberi kursi roda. Satu lagi anak perempuannya menderita tumor segera dirawat, serta ada pula bantuan permanen sebesar 500 ribu tiap bulan.
Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo dan Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso mengantarkan langsung bantuan untuk keluarga Basyir di RT 2/RW 1 Jalan Gajah Mada Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Jumat lalu.
Walikota Mahyeldi mendapatkan keluarga ini yang masih jauh dari kategori sejahtera. Basyir selaku kepala keluarga hanyalah pria uzur yang tidak kuat lagi menafkahi keluarganya. Begitu juga sang istri, Jalinis (78) sudah rabun. Namun, wanita ini tetap telaten merawat dua anak perempuannya yang tergeletak sakit bertahun-tahun. Satu lagi anak lelaki mereka pun memiliki kaki yang tidak normal dan kesehariannya bekerja sebagai pengambil sampah warga di lingkup tempat tinggalnya.
“Kita menyayangkan informasi tentang keadaan keluarga bapak Basyir baru diketahui sekarang. Namun tidak terlambat, Baznas sudah cepat tanggap memberikan bantuan bagi keluarga ini,” ujar Mahyeldi.
Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Padang Utara Sri Budia menyebut, selama ini informasi tentang keluarga ini seperti tertutup. Dari pihak RT juga tidak menginformasikan ke pihak kelurahan.
“Kita tidak menyangka kondisi keluarga ini sungguh memprihatinkan. Beruntung kita mengetahui sekarang, sehingga bebannya bisa kita ringankan melalui bantuan Baznas dan Pemko,” sebutnya.
Sedangkan Ketua Baznas Kota Padang Epi Santoso mengakui mengetahui kondisi keluarga Basyir dari media sosial Facebook akun seseorang yang mengunggah foto dan alamatnya.
“Pertama kita ketahui (tentang keluarga Basyir) melalui media sosial, lalu kita cari informasinya lebih lengkap dan langsung kita tindak lanjutoi dengan pemberian bantuan setelah berkoordinasi dengan Walikota,” jelas Epi.
Lebih lanjut dikatakan, Baznas akan melakukan rehab terhadap rumah Basyir yang atap, lantai dan dindingnya yang sudah tidak layak. “Kami sudah bawa tukang untuk melihat keadaan rumah ini. Nanti langsung dilakukan rehab,” sambungnya.
Ia menambajkan, biaya rehab rumah yang dianggarkan Baznas sebesar Rp. 10 juta. “Nantinya juga akan diupayakan bantuan dari pihak lain, untuk merehab rumah ini. Kita usahakan dari pihak ketiga seperti perbankan dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Padang termasuk juga bantuan secara individu. Mudah-mudahan dalam bulan ini sudah terlaksana dan selesai,” tukasnya.**
Previous Post Next Post