Padang Gelar Gerakan Wanita Menanam

N3, Padang ~ Dalam rangka menyukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2015 yang diimplementasikan melalui gerakan penanaman 1 Milyar pohon, kali ini Jumat (11/12), Pemko Padang menggelar "Gerakan Wanita Menanam” yang berlokasi di Hutan Wisata Delta Malvinas Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang ini, dibuka Ketua TP PKK Kota Padang, Ny Harneli Bahar, dengan dihadiri pejabat terkait dan beberapa organisasi wanita yang ada di Kota Padang.

Harneli dalam sambutannya menyampaikan, melalui aksi gerakan wanita menanam ini, berharap dapat memotivasi seluruh warga Kota Padang, untuk bisa menanam berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dan tanaman di lahan yang ada dan tersedia.

“Penanaman ini mungkin lebih diutamakan di perumahan-perumahan. Ini dilihat, saat ini masih banyak perumahan yang terlihat gersang karena kurangnya pohon dan tanaman di sekelilingnya. Jadi, kalau bisa satu rumah itu minimal memiliki satu pohon,” ajak Harneli.

Harneli melanjutkan, memang perlu diketahui masyarakat, akan pentingnya keberadaan pohon dan tumbuh-tumbuhan. Selain mampu mengurangi emisi karbon, juga bermanfaat dalam penyerapan air. “Jadi, dengan sudah banyaknya pohon dan tumbuh-tumbuhan di sekeliling kita, Insya Allah, hal yang kita khawatirkan akan menjauh dari kehidupan kita. Misalnya seperti bencana banjir, longsor, kekeringan dan sebagainya,” harap Harneli.

Sementara itu, Kepala Dispernakbunhut Kota Padang, Dian Fakri menyebutkan, sesuai arahan Presiden RI dalam HMPI 2015 tingkat nasional, menegaskan agar seluruh daerah mampu mewujudkan komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen di 2030 mendatang.

“Padang sebagai ibukota Propinsi Sumatera Barat, memiliki luas hutan 36.210 hektar. Terdiri dari hutan suaka alam, hutan lindung dan jenis hutan lainnya. Untuk itu, marilah kita senantiasa menanam pohon, serta memeliharanya dan jangan pernah merusaknya secara sembarangan. Untuk ini, bagi yang membutuhkan bibit silahkan hubungi kami,” ujar Dian.

Kemudian lanjut Dian, terkait keberadaan Hutan Kota Malvinas, pihaknya berniat akan memaksimalkan potensi hutan seluas 12 hektar ini. Upaya ini, sesuai dengan visi kota dalam menjadikan hutan sebagai pengalihan objek wisata.

“Untuk itu, kita berencana akan membuat jogging track, tempat duduk bersantai dan sarana hiburan lainnya di sini. Kita sedang mempersiapkan masterplannya dan akan mulai membangun secara bertahap sambil mengharapkan dukungan investor. Semoga ini akan menjadi alternatif dalam memecah tujuan wisata pengunjung seperti di Pantai Padang, yang terlihat luar biasa ramainya saat ini,” tukas Dian mengakhiri.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan kesepakatan bersama antara Pemko Padang dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang. Terkait, setiap Calon Pengantin (Catin) di Kota Padang, agar menanam minimal satu pohon sebagai syarat nikah. David
Previous Post Next Post