Gubernur Minta Produktivitas Pertanian Ditingkatkan

N3, Sulsel ~ Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo memimpin Rapat Pertemuan dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2015, sekaligus persiapan pelaksanaan kegiatan tahun 2016 mendatang. Acara berlangsung di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan & Hortikultura Prov Sulsel.
 
Syahrul dalam  sambutannya berharap,  melalui pertemuan ini akan mampu melahirkan gagasan dan ide baru, dalam mendongkrak produktivitas sektor pertanian, sekaligus mengevaluasi segala kekurangan yang ada.
 
Pemetaan potensi hasil pertanian disetiap daerah, juga perlu dilakukan, karena pasti mempunyai permasalaHAn yang berbeda, termasuk perlunya kesiapan pola tanam baru, karena saat ini sudah memasuki musim panca roba,dari musim panas ke musim hujan.
 
Pemerintah Provinsi Sulsel yang menargetkan surplus beras 3 juta ton pada tahun 2016, termasuk hasil pertanian lainnya, optimis akan mampu diwujudkan dengan meningkatkan kemampuan kelompok tani, sekaligus pemanfaatan teknologi pertanian.
 
Sementara itu, pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Fitriani menambahkan, hingga saat ini luas lahan sawah secara kumulatif tumbuh 1,40 persen dari tahun 2007 sampai tahun 2015 yaitu seluas 643.738 hektar .
 
Konsumsi beras penduduk Sulsel masih di bawah 1 juta ton, sehingga pada tahun ini surplus beras 2,24 juta ton yang ditargetkan lebih meningkat tahun depan, sehingga mampu disuplai ke provinsi lainnya di Indonesia.
 
Fitriarini juga mengaku akan terus melakukan upaya pendampingan terhadap para petani, perbaikan irigasi termasuk pencetakam sawah baru ,sehingga Sulsel dapat terus menjadi lumbung pangan nasional.Srf/Er
Previous Post Next Post