Kesuksesan Pilgub Butuh Peran Aktif Stakeholders

N3, Padang ~ Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat sudah semakin dekat. Karena itu dibutuhkan peran aktif sejumlah stakeholders untuk menyukseskan alek lima tahunan itu.
Demikian antara lain dikatakan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakan Kesbangpol) Kota Padang Eri Sendjaya saat mewakili walikota Padang dalam kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilgub Kecamatan se-Kota Padang di Kecamatan Nanggalo, Kamis (12/11). “Suksesnya Pemilukada ini juga membutuhkan dukungan dari sejumlah stakeholders,” ujarnya di Aula kantor tersebut.

Dijelaskan Eri, dukungan dari stakeholders itu antara lain dari pemerintah daerah, jajaran kepolisian, jajaran TNI/Kodim, pemerintah kecamatan dan kelurahan serta masyarakat.

”Untuk itulah tahapan sosialisasi Pilgub ini perlu dilakukan dan diharapkan mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat sehingga penyelenggaraan Pemilukada berjalan dengan tertib dan lancar,” ulasnya yang didampingi Camat Nanggalo Hendra Mardhi.

Lebih jauh ditekankan Eri, dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut serta pada pelaksanaan Pemilukada nanti, terdapat hal krusial yang perlu mendapat perhatian cukup ekstra. Hal krusial itu yakni jadwal tahapan pemilukada, kenetralan PNS, data penduduk pemilih, kampanye, tata cara pemungutan dan penghitungan suara. “Hal ini akan menjadi pemicu dan pemacu konflik,” tukasnya.

Di sisi lain kembali Eri sangat mengharapkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Padang agar arif dan bijak dalam bersikap dan berperilaku pada saat Pemilukada. “Karena hal itu telah tersirat dalam akronim singkatan “PNS” yaitu Profesional, Netral dan Simpatik. Kami harapkan dapat memanfaatkan momentum ini dengan baik sehingga akan memperoleh pengertian dan pemahaman tentang seluruh proses tahapan kegiatan Pemilukada 2015 dan dapat menciptakan suasana yang aman dan damai, berkualitas dan bermartabat,” ujarnya.(Charlie)
Dibaca
Previous Post Next Post