Unsyiah Tingkatkan Pembelajaran Berbasis IT

N3, Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala sedang meningkatkan penggunaan Information Technology (IT) dalam proses belajar-mengajar. Hal tersebut diungkapkan oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unsyiah Dr. Hizir pada Penataran dan Lokakarya Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) di Gedung AAC Dayan Dawood.

“IT sekarang sudah sangat canggih. Maka tidak menutup kemungkinan kalau proses pengajaran juga dapat dilakukan melalui sarana teleconference. Unsyiah akan berusaha memfasilitasi setiap kebutuhan untuk mendukung proses pendidikan berbasis IT,” kata Hizir.

Menurutnya, di masa akan datang mau tidak mau penggunaan IT tak dapat dinafikan dalam dalam proses belajar-mengajar. Jadi materi kuliah yang akan diberikan kepada mahasiswa harus diunggah terlebih dahulu ke internet agar dapat diakses dan dipelajari oleh para mahasiswa terlebih dahulu. Untuk itu, Unsyiah harus aware akan hal ini.

“Ke depan bukan hanya pembelajaran secara konvensional yang digunakan. Namun, harus ada peningkatan proses pembelajaran dari konvensional ke modern. Misalnya, kalau di FKIP ada program Teacher Center Learning, maka kita ubah menjadi Student Teacher Learning. Upaya-upaya seperti itu sudah dapat diterapkan di seluruh fakultas. Malahan sekarang ada tiga fakultas di Unsyiah yang sudah menjalankan sistem Problem Based Learning (PBL) yaitu di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keperawatan.  Program sudah dapat diterapkan di Unsyiah,” papar Hizir.

Ia menyebutkan, Pusat Komputer Dan Sistem Informasi (PUKSI) Unsyiah sudah menyediakan fasilitas E-Learning. Disitu para dosen dapat mengunggah setiap materi kuliah yang akan disampaikan kepada mahasiswa. Memang cara tersebut belum berjalan maksimal, tapi melalui PEKERTI diharapkan ada ide baru supaya program itu dapat berjalan dalam waktu jangka panjang serta berkelanjutan. Kini sudah saatnya seluruh lembaga pendidikan mengoptimalkan penggunaan IT secara masif dalam pembelajaran.
Previous Post Next Post