Sosialisasi Bantuan Desa Dilakukan Melalui Vidio Conference

N3, Sulsel ~ Direktorat Bina Desa Kementerian Dalam Negeri RI melakukan sosialisasi tentang Penyaluran Bantuan Desa melalui peralatan Video Conference yang terkoneksi dari Pusat Data Informasi Kementerian Dalam Negeri dengan Ruang Vidcom pada Bagian Pengolahan Data Elektronik Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Sulsel Senin (26 Oktober 2015).

Bertindak sebagai nara sumber adalah Dirjen Bina Pemerintahan Desa,  Nata Irawan, SH, M.Si. Vidcom yang dihadiri 15 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh target yang dicapai oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten/Kota mengenai bantuan desa.

Drs. Mustari Soba selaku Kepala Badan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Prov. Sulsel, melaporkan bahwa jumlah alokasi dana desa di Sulawesi Selatan sebesar Rp. 635.355.795.000,- rupiah dengan jumlah Desa 2239, dan jumlah desa yang didanai adalah 2223 dan yang belum sebanyak 16 desa. 

Menurut Mustari pencairan dari KPPN (RKUN) ke Kas Daerah (RKUD) sebesar 512.232.796.600 rupiah atau sekitar 80 persen, pencairan dari Kas Daerah (RKUD) ke Kas Desa (RKD mencapai 403.679.783.863 rupiah atau sekitar 79 persen dan selisih total alokasi dan Dana Desa di Kas Daerah sebesar 123.122.998.400 rupiah.

Dirjen dalam arahannya  sangat mengapresiasi  capaian yang telah dicapai oleh Provinsi Sulawesi Selatan dan meminta agar lebih serius lagi untuk dapat menyelesaikan pencairan dana sampai seratus persen.

Kepala Bagian PDE Biro Humas dan Protokol Setda Prov. Sulsel Drs. Lukmanuddin mengatakan bahwa Peralatan Vidcom adalah  bantuan dari Pusat Data Informasi  Kementerian Dalam Negeri ke Pemerintah Prov. Sulsel, menurut Lukman  Vidcom merupakan jenis layanan  yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada dilokasi yang berbeda, dengan menggunakan jaringan komunikasi Audio dan Video. Vidcom juga bisa digunakan untuk pembicaraan jarak jauh dengan bertatap muka secara langsung dengan peserta lain meskipun berada di kota bahkan di Negara lain.  

Sampai saat sudah tiga kali dilakukan pembicaraan melalui  Vidcom,  yang pertama pada tanggal 5 Oktober mengenai masalah Pilkada, tanggal  tanggal 7 Oktober mengenai Penerimaan IPDN dan terakhir Dirjen Bina Desa dengan penerima Bantuan Desa, kita berharap fasilitas ini dapat digunakan teman-teman SKPD, karena sangat efektif untuk mengurangi biaya perjalanan dinas, Vidcom ini hanya dapat  digunakan dari Ruang Vidcom PDE Biro Humas dan Protokol dan Pusdatin Kementerian Dalam Negeri RI. Lukman/Rel
Previous Post Next Post