SMPN 1 Sidomulyo, Sekolah Unggulan Yang Sarat Prestasi

N3, Lampung Selatan ~ SMPN 1 Sidomulyo adalah salah satu sekolah yang termasuk favourit saat ini di kabupaten Lampung Selatan, sekolah yang tadinya bernama SMPN Katibung Sidomulyo berdiri tahun 1980 dengan kepemimpinan kepala sekolah saat itu Suwarno, MS, kemudian digantikan oleh Mahdan, diteruskan oleh Puspo Binatmo dan sekarang jabatan kepala sekolah tersebut dijabat oleh Drs. Sarip Supriadi

Dibawah komando Sarip, sekolah ini terus berbenah menuju lebih baik, baik kwalitas sekolah terutama sekali kwalitas siswanya dari segi pengembangan diri begitu juga kegiatan ekstra kurikuler dari pantauan wartawan Nusantara News sekolah ini cukup padat dengan kegiatan ekstra kurikuler meliputi :
  1. Olah Raga :
    • Sepak Bola
    • Basket
    • Tenis Meja
    • Voly Ball
    • Tenis Meja
    • Bulu Tangkis
    • Catur
    • Karate
    • Pencak Silat
  1. Kesenian :
    • Seni Suara
    • Seni Musik Band
    • Drumband
    • Seni Tari
  1. UKS/PMR
  1. Pramuka
  1. Majalah Dinding (Mading)
Alhasil sekolah ini berhasil meraih beberapa keberhasilan prestasi dan penghargaan yang cukup cemerlang, keberhasilan itu tidak terlepas dari selain kinerja Sarip selaku kepala sekolah juga peran aktif para dewan guru dan para anak didik sekolah ini, prestasi dalam event-event yang berhasil diraih diantaranya :
  1. Juara 4 Karate Tingkat Nasional Tahun 2014 di Jakarta.
  2. Juara I Sekolah Sehat Tingkat SMP Se- Kabupaten Lampung Selatan ditetapkan dengan SK Bupati Lampung Selatan Tahun 2014.
  3. Ditetapkan sebagai Sekolah Unggul Tingkat kabupaten Lampung Selatan Tahun 2014 bersama dua SMPN lainya, yakni SMPN 1 Natar dan SMPN 1 Tanjungsari.
  4. Meraih Penghargaan Sekolah Adi Wiyata ( Sekolah Berwawasan Lingkungan Hidup) Tingkat Kabupaten Lampung Selatan, Tahun 2015.
  5. Peringkat 1 Tes PPDB Tingkat SMA-SMK kabupaten Lampung Selatan An. Maulidina Selvianingtyas (alumni SMPN 1 Sidomulyo).
  6. Juara I Parade Drumband dan juara II Display Drumband Tingkat SMP se- kabupaten Lampung Selatan, Juli 2015.
  7. Juara 3 Lomba Gerak Jalan tingkat Kabupaten Lampung Selatan di Kalianda, 13 Agustus 2015
Dan banyak lagi prestasi begitu juga piagam yang berhasil diraih sekolah yang terakreditasi A ini dan diperhitungkan oleh sekolah sekolah lain yang setara, sehingga wajar bila SMPN 1 Sidomulyo begitu sangat diminati oleh para orangtua murid yang bedomisili di kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan dan sekitarnya untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah ini. 

Tapi walau sangat diminati, Kang sarip, sapaan akrab Sarip Supriyadi dalam PSB (Penerimaan Siswa Baru, red) tetap mengacu pada standard dan ketentuan PSB diantaranya sesuai kuota yang ada atau berdasarkan jumlah bangku siswa yang tersedia pada setiap tahun ajaran baru, tidak melulu karena banyaknya jumlah murid banyak juga dana BOS yang diperoleh pihak sekolah. Terbukti setiap tahun ajaran baru tidak sedikit calon murid yang harus berlapang dada karena tidak diterima di sekolah ini, dan terpaksa sekolah di SMP Negri lainnya atau sekolah SMP swasta sekitarnya, karena calon calon siswa yang diterima benar benar sesuai standar yang menjadi ketetapan dalam PSB.

Kebijakan pihak SMPN 1 Sidomulyo itu cukup membantu sekolah swasta-swasta sekitarnya, karena sekolah sekolah non negri pada dasarnya hanya bisa menunggu siswa siswa yang tidak diterima oleh sekolah sekolah negri, dan kalau sekolah sekolah negri menerima siswa melebihi kuota penerimaan siswa baru maka sudah bisa dibayangkan sekolah swasta swasta tentu tidak akan kebagian murid dan tentu saja lama kelamaan sekolah swasta tersebut akan gulung tikar

 Padahal kehadiran sekolah sekolah swasta juga harus di support, karena selama ini beberapa dasawarsa sebelum pemerintah menggulirkan dana BOS cukup tangguh dengan management dan kwalitas mutu sekolah swasta itu sendiri sehingga menjadi penyelaras sekolah sekolah negri dalam hal peningkatan mutu peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. DEWA
Previous Post Next Post