Kabut Asap Selimuti Pidie, BPBD dan Polisi Bagikan Masker

N3, Banda Aceh - Kabut asap yang melanda Indonesia, saat ini juga turut dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Pidie. Kabut asap mulai terlihat menyelimuti sejak kemarin sore dan hingga hari ini terlihat semakin pekat menyelimuti Pidie dengan perkiraan jarak pandang sekitar 500 meter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie bersama dengan anggota Polres Pidie membagikan masker kepada para pengguna jalan yang melintasi Simpang Empat Lampu Merah Jalan Lingkar Kota Sigli.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi S.Sos mengatakan pihaknya telah membagikan 2000 masker kepada masyarakat, ia menambahkan jika kabut asap masih terjadi hingga esok, maka direncanakan akan membagikan masker hingga ke kecamatan-kecamatan.

“Petugas kami telah siap untuk membagikan masker kepada masyarakat hingga ke kecamatan, juga akan dibantu oleh anggota Polres Pidie,” kata Apriadi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, dr. Fajriman, Sp.S meminta masyarakat untuk dapat waspada, dan dihimbau agar menggunakan penutup mulut (masker) saat berada di luar rumah terutama bagi anak balita dan meminta untuk tidak berada di luar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

“Perbanyak konsumsi air putih, bila terasa sesak dan batuk-batuk segera ke Puskesmas, Rumah Sakit atau ke tenaga medis terdekat,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie juga telah memerintahkan para dokter dan tenaga kesehatan di Puskesmas-Puskesmas dalam Kabupaten Pidie untuk dapat siaga dan selalu berada di tempat kerjanya, sebagai upaya kesiap-siagaan dalam penanganan kesehatan masyarakat akibat kabut asap. Hms
Previous Post Next Post