Festival Danau Matano, Event Wisata Terbesar

N3, Sulsel ~ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur akan menggelar Festival Danau Matano, 27 - 29 November mendatang. Event wisata tersebut akan menjadi event wisata terbesar di Sulsel tahun ini. 

Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo, mengungkapkan, Festival Danau Matano akan dikemas secara berbeda dengan event-event wisata lainnya di Sulsel. Apalagi, event wisata tersebut betul-betul diperuntukkan untuk masyarakat Luwu Timur, turis mancanegara, dan turis domestik.

"Dalam event ini, kami akan benar-benar mengeksplore potensi wisata yang ada, khususnya Danau Matano," kata Irman yang didampingi sejumlah pejabat Pemkab Luwu Timur, di Hotel Horizon Panakkukang Makassar, baru-baru ini.
Ia menjelaskan, Danau Matano mempunyai potensi destinasi wisata yang cukup menjanjikan. Salah satu kelebihannya, Danau Matano merupakan danau terdalam ketiga di Asia dan merupakan danau terdalam ke delapan di dunia. Danau Matano juga memiliki daya tarik berbeda, karena merupakan salah satu danau purba.

"Festival Danau Matano ini diharapkan menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan Luwu Timur secara luas. Danau Matano juga merupakan danau purba dan menjadi target sebagai salah satu warisan dunia. Epidemik yang ada di Danau Matano, berbeda dengan yang ada di danau lain," ungkapnya.

Salah satu daya tarik Luwu Timur, lanjut Irman, adalah keberadaan tambang nikel terbesar di dunia. Tepatnya di Nuha, Sorowako. Apalagi, di lokasi itu telah ada pabrik tambang yang sangat terkenal, yakni PT Vale Indonesia. 

"Kami juga akan mengemas potensi tambang ini untuk wisata, dengan menghadirkan wisata tambang. Para pengunjung akan diantar untuk berkeliling di lokasi tambang," lanjutnya.

Menurut Irman, Festival Danau Matano akan dijadikan event tetap. Untuk tahun pertama pelaksanaannya, Festival Danau Matano akan menjadi event terbesar tahun ini. Wisatawan asing yang dipastikan hadir juga terukur, karena seluruh pekerja PT Vale sejak berdirinya pabrik tersebut di Sulsel akan diundang. Mereka sebagian besar merupakan warga negara asing. Belum lagi turis mancanegara lainnya, yang akan datang melalui paket-paket wisata yang ditawarkan oleh pihak biro perjalanan wisata.  

"Band-band dunia dan lokal juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Kami sedang berupaya melobi Michael Learn to Rock atau MLTR dan Mr Big untuk bisa hadir dalam acara ini. Band lainnya adalah Arkarna dan Naff, serta artis ibukota Jenita Janet," tuturnya. 

Ia menambahkan, Festival Danau Matano akan dipusatkan di Pantai Ide Danau Matano dan Camp Site. Beberapa kegiatan yang akan digelar seperti Pemilihan Putra Putri Danau Matano, Lomba Katinting, Lomba Perahu Hias, Lomba Perahu Dayung, Lomba Memancing Ikan Predator, Pasar Budaya dan Kuliner, Jambore Bikers, Water Sport, Pameran Potography, hingga Lomba Kolase Anak. 

Terkait fasilitas transportasi dan penginapan, Irman menjamin tidak akan menjadi masalah dan para pengunjung akan merasa nyaman. "Ada salah satu hotel di kawasan tambang, jika dilihat dari luar hanya berupa kontainer. Tapi, didalamnya melebihi fasilitas kamar hotel bintang lima. Beberapa hotel dan rumah warga juga telah dipersiapkan sehingga pengunjung dari luar akan merasa nyaman. Akses transportasi juga tersedia melalui darat dan udara, sehingga tidak perlu ada yang dikuatirkan. Selain Danau Matano, Luwu Timur juga kaya akan berbagai potensi wisata lainnya yang bisa dinikmati. Saya menjamin, Luwu Timur sangat indah luar biasa sehingga para pengunjung tidak akan menyesal datang kesana," urainya. Dw/Hr/Hms

Previous Post Next Post