Dua Kecamatan Kota Padang Bersatu

N3, Padang ~ Tahun baru Hijriyah bagi masyarakat Kota Padang semakin dimaknai sebagai momen "hijrah" yaitu meninggalkan segala yang kurang baik di tahun sebelumnya dan meningkatkan menjadi lebih baik di tahun berikutnya. Tak terkecuali bagi masyarakat di Kecamatan Padang Barat dan Kecamatan Padang Selatan yang juga bertekad meningkatkan pemahaman keagamaan terutama dalam membaca dan menghafal Al-Quran.

Seperti diungkapkan Camat Padang Barat Arfian usai membuka Lomba Qasidah Rabana antar Majelis Taklim sekecamatan tersebut, Sabtu (17/10). "Kita memaknai tahun baru Islam ini sebagai hijrah meninggalkan segala yang tidak baik untuk berbuat yang lebih baik," ujarnya. 

Lomba yang digelar di halaman kantor camat itu dalam rangka memeriahkan 1 Muharram 1437 H. Menurut Arfian, lomba yang diikuti oleh sepuluh kelompok Majelis Taklim mewakili sepuluh kelurahan se-Padang Barat lebih diarahkan pada pencanangan program hafal Quran dan memaksimalkan program keagamaan melalui TPQ/TQA. Menyusul program "Padang Menghafal Al-Quran" yang dicanangkan Walikota Mahyeldi Dt. Marajo bertepatan dengan detik-detik 1 Muharram yang lalu.

"Selama ini program TPQ/TQA lebih kepada pandai membaca Al- Quran saja, kedepannya perlu kita tingkatkan lagi dengan memahami arti bacaan Al-Quran dan menghafalnya agar mudah membentuk sikap insan Qurani," kata Arfian.

Pada kesempatan ini Arfian juga mengungkapkan targetnya meraih juara umum dalam MTQ Tingkat Kota Padang pada 2016 mendatang."Kita akan targetkan, juara umum harus kita raih kembali. Mulai saat ini kita akan koordinasikan dengan KUA Padang Barat agar pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan lebih awal kita selenggarakan,"tukuknya.

Sementara itu ditemui terpisah, Camat Padang Selatan Fuji Astomi tak kalah antusias dalam menyambut tahun baru Islam ini. Di tahun 1437 H ini, Kecamatan Padang Selatan bertekad meningkatkan kehidupan religius masyarakatnya dengan memaksimalkan pendidikan keagamaan di sekolah, madrasah dan TPQ/TQA.

"Kita membangun koordinasi dengan pihak sekolah, TPQ/TQA agar memaksimalkan pendidikan dan menghafal Al-Quran sejalan dengan program yang dicanangkan Walikota," sebutnya.

Beberapa waktu lalu, Padang Selatan melaksanakan pawai Muharram yang diikuti oleh seluruh pelajar di kecamatan ini. "Pawai ini dalam rangka syiar Islam. Kita membudayakan peringatan tahun baru Islam di kalangan generasi muda dan mengisinya dengan hal-hal yang positif sehingga mereka tidak terpengaruh dengan budaya peringatan tahun baru yang biasanya berkonotasi negatif," ucap Camat Astomi.

Camat Astomi juga menargetkan juara pada MTQ 2016 setelah sukses penyelenggara MTQ Tingkat Kota Padang 2014 lalu. "Setelah sukses jadi tuan rumah dan masuk lima besar tentunya target berikutnya juara umum," tukasnya.(du)
Previous Post Next Post