Sinergi Semangat Spritualitas dan Kebangsaan

N3, Sumbang ~ Keluarnya Surat Eradan Menteri Dalam Negeri Nomor 019.1/3976/SJ tentang pelaksanaan upacara bendera dan penggunaan bendera negara di seluruh pemerintah daerah sampai tingkat desa/kelurahan disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Subang. Karena bisa bersinergi dengan Program Gerakan Pembangunan untuk Rakyat (Gapura). Khususnya Gapura Pemerintah Bermartabat (Permata).

Menurut Bupati Subang, Ojang Sohandi sebagaimana dikatakan Kepala Bagian Humas Setda Kab Subang, Adang Muyana melalui kegiatan Upacara Bendera yang dilaksanakan seminggu merupakan upaya menjaga Semangat Kebangsaan bagi Apratur.

Pelaksanaan di Pemda Subang, kata Adang setiap hari Senin kecuali pada minggu tersebut ada tanggal 17 yang betepatan dengan Hari Kesadaran Nasional maka Upacara Bendera dialihkan pada tanggal 17. “Bila (pada minggu tersebut) ada tanggal 17 maka upacara bendera dialihkan (ke tanggal 17),” papar Adang di ruang kerjanya, Jum’at (18/9/2015).

Dalam prosesinya ada pembacaan Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Eka Bisa lebih meresapi pembacaan pancasila, UU5 45 dan Panca Prasetya Korpri. Maka ada harapan aparatur bisa meresapi nilai-nilai Pancasila UUD 1945 dan Panca Prasetya Korpri. “Bisa menjadi media peresapan setiap minggunya,” kata Adang.

Selain upacara bendera Pemda juga melaksanakan pengajian rutin dan istigotsah bagi pegawai yang beragama Islam tiap malam Jum’at dan Kamis siang secara bergantian. “Bila minggu ini pengajian maka minggu depannya istoghotsah,” paparnya lagi.

Pengajian dan istighotsah, kata Adang adalah untuk meningkatkan kualitas spritual pegawai karena dalam Program Gapura Permata ingin menciptakan aparatur yang encer otak yang maksudnya memiliki kecerdasan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya, kuat akhlak ialah aparatur yang bertakwa kepada Tuhan. Merasa kehadiran Tuhan selama menlaksankan tugas. Sehingga kontrol diri untuk melakukan penyelewengan dapat dihindari, bedas taktak ialah aparatur berjasmani sehat dan lega leutak ialah terjamin kesejahteraannya. (Hms/Teddy)
Previous Post Next Post