Peserta MFC Dibebaskan Memaknai Minangkabau

N3, Sumbar ~ Keanekaragaman pakaian adat dan di Sumatera Barat telah menginspirasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan kegiatan Minangkabau Fashion Carnaval pada tahun 2015 ini.
 
Minangkabau Fashion Carnaval merupakan pertunjukan busana di jalanan atau Fashion on the Street dimana kegiatan MFC juga dilatarbelakangi adanya perubahan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Menjadi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2014. 
 
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Burhasman Boer kepada wartawan di gubernuran beberapa waktu lalu. 
 
Ditegaskan Burhasman, MFC ini bertujuan untuk menggalakan dan memfasilitasi munculnya disainer-disainer muda di Sumatera Barat, selain itu juga mendorong generasi muda agar lebih kreatif, produktif dalam karya-karya imajinatif dan inovatif. 
 
Selain itu, Minangkabau Fashion Carnaval juga diharapkan mampu melestarikan seni dan budaya Minangkabau dalam busana baik futuristik maupun klasik.
 
Pada tahun ini Minangkabau Fashion Carnaval mengangkat tema "The exotique Motherland". Dimana peserta dibebaskan dalam memaknai Minangkabau, namun tidak terlepas dan dibatasi dengan nilai dan norma yang kita anut. Kesopanan, estetik dan etika sebagai masyarakt atau generasi Minangkabau tidak kita lupakan. 
 
Untuk juri sendiri, nanti didatangkan dari berbagai kalangan yang ahli dibidangnya yaitu Perguruan Tinggi, Disainer, Seniman, Bundo Kanduang, Pakar Make Up. Penilaian dalam karya yang akan ditampilkan yaitu : kesesuaian disain dengan tema, rancangan kostum, make up dan pertunjukan. 
 
Tahun ini, Minangkabau Fashion Carnaval dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2015 bertepatan dengan penutupan Tour de Singkarak di Kota Padang.
 
Peserta sendiri dapat mendaftarkan di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat di Jln. Khatib Sulaiman No.7 Padang Telp. 0751 7055183 - 7055711 - 446281 atau dengan kontak yang dapat dihubungi : Derliati, SST, M.Pd (081374588871), dan Ernida Zahlia,S.Sos (08126753352) 
 
Formulir sendiri dapat di download atau diunduh pada website http://www.sumbar.travel dan bisa dikirim langsung pada dinas Parekraf Sumbar atau melalui email : ummyderliati@ymail.com. **
Previous Post Next Post