Menkominfo : TI di Indonesia Maju Pesat

N3, Bandung ~ Teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat dari perkembangan teknologi jaringan seluler dan internet yang mengalami peningkatan kecepatan dan kapasitas selama lebih dari 30 tahun terakhir.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Rudiantara saat memberikan orasi ilmiah bertema Peran dan Perkembangan ICT di Indonesia, Senin (28/09) di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Menurut Rudiantara, dalam 30 tahun terakhir, jaringan seluler di Indonesia telah melahirkan 4 generasi. Setiap generasi memiliki
perbedaan kecepatan dan kapasitas jaringan. Semakin tinggi generasi, kecepatan dan kapasitas jaringan semakin luas dan cepat.

“Dua hal ini yang memberikan ruang perubahan konten dan teknologi,” kata Rudiantara. Lebih lanjut alumni Unpad ini mengatakan, faktor konten dan teknologi memiliki pengaruh yang besar dalam perkembangan TIK di Indonesia.
Perubahan konten menjadi penentu perubahan teknologi. Sementara perubahan teknologi akan menyebabkan perubahan cara berkomunikasi.

Agar tidak tertinggal dengan negara lain, Rudiantara melalui Kementrian Kominfo RI telah menyusun beberapa rencana strategis
pengembangan TIK di Indonesia. Penyusunan ini juga diselaraskan dengan Program Nawacita yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Fokus pengembangan tersebut ialah peningkatan konektivitas boradband menjadi 4G, efisiensi industri, cyber security & governance,  e-government, e-commerce, dan digitalisasi. Pada aspek peningkatanboradband 4G, masyarakat Indonesia diharapkan sudah bisa mengakses layanan ini pada awal Januari 2016 mendatang. jo/hms
Previous Post Next Post