Mahyeldi: Pramuka Itu Keren!

N3, Padang ~  Pramuka itu keren, asyik dan menyenangkan. Gerakan yang menanamkan karakter dan menumbuhkan kebanggaan generasi muda ini harus terus dikembangkan. Bahkan Undang - Undang tentang kepramukaan pun perlu direvisi agar menjadi wadah yang kuat dalam penanaman karakter anak bangsa.

Hal itu dikatakan Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo saat menyampaikan amanah dalam Apel Besar Peringatan HUT Pramuka ke-54 di Lapangan Imam Bonjol. Apel besar ini dihadiri oleh ribuan anggota pramuka dari seluruh Kwartir Ranting dan Gugus Depan se-Kota Padang.

Menurut Mahyeldi yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Padang, tantangan yang dihadapi kaum muda saat ini berkaitan dengan dua masalah besar, masalah sosial dan masalah kebangsaan. Gerakan Pramuka diyakini sebagai salah satu solusinya.

"Selain terjauh dari penggunaan obat terlarang, pergaulan bebas, kekerasan dan kriminalitas, melaui Gerakan Pramuka juga dapat ditumbuhkan semangat kebangsaan serta solidaritas sosial," kata Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, pendidikan kepramukaan sudah menjadi ekstra kurikuler wajib di sekolah melaui Permendikbud RI Nomor 64 tahun 2014. Artinya, kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan semakin dimantapkan. Namun, UU RI Nomor 12 tahun 2010 tentang Revitalisasi Pramuka masih mengalami masalah dalam implementasinya. Disamping tidak mengikat secara eksternal juga belum adanya sanksi bagi yang melanggar. Sehingga menjadi prioritas pembahasan untuk direvisi di lembaga legislatif.

Terakhir Walikota menekankan, agar setiap gudep bersama-sama meningkatkan pembinaan dan kualitas. "Saya menghimbau kakak-kakak pelatih agar selalu aktif melaksanakan kegiatan kepramukaan di gudep masing-masing,"imbuhnya.

Pada peringatan HUT ke-54 ini, Mahyeldi selaku Kamabicab beserta kakak - kakak yang dinilai berjasa menyumbangkan tenaga dan pikiran dalam pembinaan Gerakan Pramuka dianugerahi Tanda Penghargaan Lencana Melati, Lencana Darmabakti dan Pancawarsa. Penghargaan tersebut dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhiyaksa Dault yang penyerahannya didelegasikan ke Kawartir Daerah dan Kwartir Cabang.

Kamabicab Gerakan Pramuka Kota Padang Mahyeldi Dt. Marajo juga memasangkan lencana tersebut kepada para penerima. Adapun yang mendapatkan penghargaan Lencana Melati diantaranya, Maigus Nasir (Waka Bidang Sarana dan Prasarana Kwarcab Padang), Bambang Sutrisno (Waka Bidang Binawasa), Andree Algamar (Waka Bidang Humas dan Abdimas), Sofyan Efendi (Sekretaris Kapusdiklat), dan Suardi (Anggota Korps Pelatih). **
Previous Post Next Post