IORA Starting Point Kota Padang


N3, Padang ~ Kota Padang ditunjuk Kementerian Luar Negeri RI sebagai tuan rumah pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA). Diagendakan kegiatan ini dilangsungkan 20-23 Oktober nanti. Diharapkan iven berskala internasional tersebut menjadi starting point bagi Kota Padang.

Dikatakan starting point karena lewat iven inilah Kota Padang nantinya mampu go internasional. Sebab itulah, Padang ‘diharuskan’ untuk sukses menggelar iven tersebut.

“Kita sangat harapkan dukungan seluruh masyarakat Kota Padang agar iven ini sukses dilaksanakan di Padang,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo saat jumpa pers dengan seluruh awak media Kota Padang di restoran Mie Jawa Metro di Purus.

Sebenarnya, sejak beberapa tahun lalu Padang memang telah digadang-gadang untuk menjadi tuan rumah IORA. Sebab Padang merupakan daerah yang berada di pesisir pantai Samudera Hindia dan menjadi daerah pengekspor terbesar di sepanjang pantai Sumatera. Akan tetapi baru saat ini Padang akhirnya benar-benar ditunjuk sebagai tuan rumah IORA. Itu setelah Walikota Padang mendukung kegiatan ini dan kemudian Kementerian Luar Negeri RI menunjuk Padang sebagai tuan rumah.

“IORA adalah momen untuk mengaplikasikan potensi yang ada. Harapan kita semoga nanti tamu yang datang ke sini merasa seperti berada di rumah sendiri,” harap Mahyeldi.

IORA tidak hanya bidikan akhir Pemerintah Kota Padang. Akan tetapi setelah melaksanakan IORA, Pemko Padang merancang iven lainnya yang tentunya berskala internasional.

“IORA dan KTT-nya bukan target jangka pendek kita. Akan tetapi nanti pada 9 September kita akan merancang apa yang akan dilakukan setelah ini,” ungkap Walikota.

Indonesia-IOLGF 8-9 September.
Sebelum digelarnya IORA, Pemko Padang telah lebih dahulu membentuk suatu forum bernama Indonesia-Indian Ocean Local Government Forum (Indonesia-IOLGF). Forum ini beranggotakan semua Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota yang lokasinya berada di tepi Samudera Hindia. Forum ini berjumlah 70 kabupaten / kota pada 13 provinsi.

Pelaksanaan Indonesia-IOLGF itu sendiri akan dilangsungkan 8-9 September 2015 di Hotel Mercure Padang. Seminar Indonesia-IOLGF ini akan menjadi salah satu pertemuan gabungan antara bupati dan walikota terbesar di Indonesia. Dimana dengan pertemuan itu akan memperkuat kerjasama antara Pemerintah Daerah yang berada di tepi Samudera Hindia. Juga sekaligus mendirikan satu pilar baru dalam IORA, yakni pilar Pemerintah Daerah / Local Government dalam upaya menopang peran pemerintah pusat dalam melakukan kerjasama regional di IORA.**
Previous Post Next Post