Pertamina Gerak Cepat Persiapkan Alih Kelola Blok Mahakam

N3, Jakarta ~ PT Pertamina (Persero) akan segera melakukan persiapan alih pengelolaan Blok Mahakam sebelum masa kontraknya berakhir pada akhir 2017.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan setelah keputusan pemerintah mengalihkan operatorship Blok Mahakam kepada Pertamina, perusahaan memiliki waktu hingga akhir 2017 untuk melakukan persiapan atau masa alih kelola Blok Mahakam.

Beberapa hal yang disiapkan, katanya meliputi persiapan sistem pengadaan barang dan jasa penunjang operasi, pergantian sistem teknologi informasi, keuangan, novasi kontrak, alih kelola SDM, dan segala hal yang dibutuhkan untuk memastikan pengalihan operatorship Blok Mahakam kepada Pertamina berjalan dengan mulus pada awal 2018. Untuk itu, tuturnya, Pertamina tetap mengharapkan dukungan pemerintah dan kerjasama operator eksisting untuk memastikan masa transisi berjalan lancar.

"Kepentingan utama Pertamina saat ini adalah untuk memastikan proses alih kelola berjalan dengan baik sehingga produksi Blok Mahakam dapat dijaga pada level optimal pada saat perpindahan operatorship nantinya. Pertamina sangat mengapresiasi keputusan pemerintah dan mengharapkan pemerintah dapat menfasilitasi penyediaan data yang lebih lengkap yang diperlukan untuk persiapan alih kelola tersebut. Disisi lain, dari operator eksisting diharapkan agar komunikasi dan koordinasi dapat berjalan dengan baik selama proses persiapan alih kelola berlangsung," ungkapnya.

Dwi mengatakan Blok Mahakam telah masuk di dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP). Oleh karena itu, dia menegaskan tidak ada lagi isu mengenai kesiapan teknologi, SDM, termasuk mengenai finansial.

"Karena Blok Mahakam sudah masuk dalam RJPP, artinya Pertamina sudah mempersiapkan antisipasi-antisipasi yang diperlukan, termasuk masalah finansial. Apalagi, dengan status Blok Mahakam yang sudah berproduksi, kebutuhan investasi justru dapat diperoleh dari hasil produksi. Tentu saja, kami pun sudah menyiapkan rencana capex yang diperlukan nantinya," pungkasnya. Hms
Previous Post Next Post