Gubernur Instruksikan Pembangunan Nagari Garabak Data

N3, Padang ~ Setelah tiga hari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno bersama Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mengunjungi Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok, Sumbar, Selasa (9/6) malam, gubernur menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Solok. Rapat digelar dalam rangka percepatan pengentasan daerah terisolir, sebagaimana disampaikan masyarakat setempat.

Upaya yang dilakukan pemerintah antara lain, membangun infrastruktur jalan, minimal bisa dilalui kendaraan rida empat.

"Ada lima titik jalan yang segera dikerjaan antara Batu Bajanjang-Garabak Data," ujar Irwan Prayitno usai rapat koordinasi, Selasa (9/6) malam.

Irwan Prayitno mengatakan, percepatan pengentasan keterisoliran nagari Gabarak Data, khsusnya membangun jalan, karena terkendala izin pembebasan lahan, karena berada di kawasan hutan lindung. Nagari yang berada di kawasan hutan lindung, apapun yang dilakukan, jika berkaitan dengan lahan, harus mendapat izin dari Kementerian Kehutanan.

Sebagai langkah awal, agar jalan menuju Garabak Data segera bisa dikerjakan, dalam minggu ini ditargetkan, Pemerintah Kabupaten Solok sudah selesai mengadakan rapat koordinasi, sebagai titik awal pembangunan daearah itu, sehingga bisa terbebsa dari daerah terisolir.

Percepatan pembangunan nagari Garabak Data, selain memperbaiki infrastruktur jalan, dinas lain tengah membuat program dibidang masing-masing, antara lain, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Dinas tersebut membuat program masing-masing dibidangnya seperti masalah pembangunan pendidikan, masalah kesehatan dan memasukkan jaringan telekomunikasi yang menjadi tugas Dinas Perhubungan," kata Irwan Prayitno menjelaskan.

Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman (Prasjal Tarkim) Provinsi Sumbar Suprapto mengatakan, perbaikan jalan lima titik dari Batu Bajangjang hingga Garabak Data akan segera dikerjakan.

"Kalau emergensi harus kita lakukan. Terbukti lalu lintasnya gak bisa lewat. Terbukti saat hari Sabtu gubernur bersama kepala SKPD terjebak karena kondisinya jalannya sangat parah," ujar Suprapto kepada obsessionnews.com Rabu (10/6).

Penanganan jalan menuju nagari itu untuk sementara hanya bersifat darurat sambil menunggu aturan membolehkan untuk membangun jalan di kawasan hutan lindung.

Nagari Garabak Data adalah satu dari 74 nagari di Kabupaten Solok, yang masih terisolir. Warga yang mendiami nagari itu, hidup dalam serba keterbatasan. Tidak ada penerangan, jaringan komunikasi dan minim tenaga kesehatan.

Kondisi demikian diperparah dengan kondisi jalan yang jauh dari memadai dan belum bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat akibat jalannya masih buruk. MR/Zrd
View
Previous Post Next Post