Presiden Minta Semua Menteri Ajukan Surat Pengunduran Diri

Nn, Santiago ~ Michelle Bachele Presiden Chile membuat pernyataan menghebohkan. Presiden cili ini meminta kepada seluruh menteri di kabinetnya untuk mengajukan pengunduran diri dan nantinya Bachele sendiri akan memutuskan siapa yang kan terus menjabat atau keluar dari pemerintahannya dalam waktu 72 jam atau tiga hari berselang.

Pernyataan kontroversial Barchele timbul akibat menurunnya angka popularitas sang presiden selama karir politiknya dan juga adanya dugaan skandal jorupsi yang menggoyang pemerintahannya tersebut.

"Beberapa jam lalu saya meminta seluruh menteri untuk mengundurkan diri, ini adalah waktu bagi perubahn di kabinetnya" kata Bachelet dilansir dari televisi lokal Chanel 13.

Selama ini korupsi di Cile merupakan yang terendah di Amerika Selatan, tetapi kepercayaan terhadap elite politisi dan bisnis semakin anjlok di tengah skandal pinjaman bank yang melibatkan putra sang presiden.
Hal lain yang membuat popularitas Bachele semakin turun diduga ada skandal pembiayaan kampanye yang melibatkan politisi sayap kanan dan perusahaan keuangan terkemuka di Cili.

Keterlibatan keluarga Bachele dalam kontroversi tersebut berdampak bagi citra Bachele yang memenangkan pertarungan merebut kursi presiden pada tahun lalu, dan saat berkampanye dahulu ia berjanji akan memerangi ketidakadilan di Cili.

Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan Gfk Adimark popularitas Bachele kini hanya mencapai 31 persen pada Bulan April lalu, dan ini merupakan level terendah Bachele selama menjabat sebagai presiden.(Khalil)
Previous Post Next Post