Kawasan Rumah Pangan Lestari Tingkat Sumbar, Berpusat di Payakumbuh

Nn, Payakumbuh ~ Lounching kegiatan pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
Tingkat Sumatera Barat, dipusatkan dihalaman huller Gapoktan Padang Alai Body, Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. 

Pada kesempata itu, Gubernur Sumatera Barat serahkan bantuan  kepada 148 KWT secara simbolis, dengan total Rp2.220.000.000. 

Dimana masing-masing KWT
memperoleh Rp15 juta. 

Sebelumnya Gubernur Irwan Prayitno bersama Walikota Riza Falepi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Ir. H. Efendi, MP, melakukan panen cabe Kopay, ubi, sayuran  dan tomat milik anggota KWT Bunga Melati Padang Alai. Saat panen ini juga ikut menyaksikan Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, anggota Muspida, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan wakil Ketua TP-PKK Ny. Hj. Suwandel Muchtar dan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh Ir. Antoni Jaya.

Gubernur menyatakan pemerintah provinsi juga telah memilih program ini untuk dikembangkan, hal tersebut dapat menambah kegiatan usaha tani yang bisa meningkatkan pendapatan, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan menciptakan pola konsumsi yang beragam. Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada KWT, Dasa Wisma atas kegiatan yang dilakukan kepada 350 peserta lomba.

“Terima Kasih telah membantu penyelenggaraan pemerintah “ ucapnya.

Dilanjutkannya tujuan dengan adanya hal tersebut adalah untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah yang selama ini telah menganggur dan tidak terpakai sama sekali, dan memanfaatkan waktu luang yang dimiliki ibu-ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Pada acara tersebut dirangkaikan dengan acara meletakkan batu pertama pembangunan gudang beras milik Gapoktan  Tigo Sapilin Padang Alai oleh Gubernur Sumbar sekaligus pemberian bantuan Penguatan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (P-LDPM) dari provinsi Rp150 juta. Gubernur juga menandatangani komitmen peningkatan produksi pangan besama walikota Riza. Habib
Previous Post Next Post