BPBD Kaltim Menata Pohon-Pohon di Tepi Jalan

Nn, Samarinda ~ Sebagai upaya mengurangi ancaman bahaya tertimpa pohon bagi masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim melakukan monitoring sekaligus menata sejumlah tanaman atau pohon di median maupun tepi jalan.

“Kita tidak ingin terjadi bencana atau masyarakat menjadi korban akibat tertimpa pohon tumbang. Karena banyak pohon yang ditanam sepanjang jalan lapuk atau akarnya sudah tidak kuat, sehingga mudah tumbang apabila diterpa angin kencang,” kata Kepala BPBD Kaltim Wahyu Widhi Heranata.

Pohon-pohon jenis fast growing atau tanaman yang memiliki umur masak pendek banyak ditemukan di sepanjang jalan antar kabupaten dan kota. Misalnya, sepanjang jalan Samarinda- Balikpapan khususnya di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Suharto.

Dia mengakui, pohon-pohon yang selama ini ditanam pemerintah sebagai pendukung keindahan kota juga berfungsi menjadi sumber produksi oksigen alamiah. Namun, jenis tanaman fast growing atau tanaman yang berumur tanam pendek dan mudah rapuh.

“Ini kesalahan kami juga selaku pemerintah yang menanam bahkan menganjurkan menanam jenis tanaman fast growing. Padahal, banyak jenis tamanan yang berfungsi sama tetapi memiliki umur masak lebih lama. Seperti pohon mahoni atau asam,” jelas Wahyu.

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah supaya bisa menanam pohon-pohon pengganti baik pohon mahoni dan asam selain dijadikan pendukung keindahan kota dan perindang (pohon peneduh) serta penghasil oksigen juga memiliki nilai ekonomis tinggi. yans/sul/es/hmsprov
Previous Post Next Post