Tiket KA H-7 Hingga H-1 Lebaran Masih 90 Persen

Nn, Jatim ~ Pemesanan tiket Kereta Api (KA) eksekutif dan bisnis di Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya  jurusan Surabaya-Bandung, Surabaya-Jakarta dan Surabaya-Yogyakarta untuk 11-16 Juli 2015  atau H-7 hingga H-1 lebaran masih 90 persen atau masih terjual 10 persen.

Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Sumarsono dikantornya mengatakan, bagi masyarakat yang mau mudik lebaran dengan moda angkutan kereta api secepatnya membeli tiket sesuai dengan tanggal dan tempat tujuannya. Tiket kelas KA eksekutif dan bisnis untuk mudik Lebaran 2015 mulai H-7 hingga H-1 bisa dibeli atau dipesan sejak 90 hari sebelum pemberangkatan.

Sementara tiket KA yang diperkirakan sudah terjual dan hampir habis adalah KA ekonomi jarak jauh KA Gayabaru Malam relasi Surabaya Gubeng-Jakarta, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong Bandung, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen. KA tersebut diatas memang menjadi promadona penumpang KA ekonomi sehingga tiketnya selalu habis meskipun pada hari-hari biasa.

Sementara bagi masyarakat yang akan mudik lebaran dengan moda angkutan kereta api dari Daop 8 Surabaya banyak pilihan kereta,  mulai KA eksekutif, KA bisnis dan KA ekonomi baik lokal, jarak memenengah dan jarak jauh kesegala jurusan. Bagi calon penumpang yang akan mudik ke Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakartya, Banyuwangi tket masih terdedia banyak. Perlu diketahui PT KAI Daop 8 Surabaya setiap hari menyediakan 36 ribu kursi dan saat ini rata-rata kursi yang terjual untuk H-7 hingga H-1 Lebaran baru 10-15 persen.

Pada angkutan Lebaran, PT KAI akan menggunakan tarif batas atas untuk KA eksekutif dan Bisnis. Rata-rata KA eksekutif dan bisnis pada Sabtu, minggu dan hari-hari libur nasional seperti Lebaran, Natal dan tahun Baru menggunakan tarif batas atas. Seperti KA eksekutif Argo Anggrek yang berangkat dari Surabaya Pasar Turi-tujuan Gambir Jakarta pada hari-hari biasa menggunakan tarif batas bawah, tetapi pada hari-hari tertentu atau hari libur lebaran menggunakan tarif batas atas.

KA jarak sedang dan jarak jauh di Daop 8 pada angkutan Lebaran menggunakan tarif subsidi seperti KA Sri Tanjung Lempuyangan-Surabaya Gubeng-Banyuwangi Rp Rp 100,000, KA Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen Rp 115.000, KA relasi  Tawang Alun Malang-Banyuwangi Rp 65.000

KA lokal KA Dhoho relasi Blitar-Sukomoro-Baron-Surabaya tarif baru Rp 15,000. KA Penataran relasi Surabaya Gubeng-Malang Rp 10.000, KA Tumapel relasi Malang-Surabaya Rp 10.000, KA Ekonomi Lokal Surabaya relasi Pasar Turi-Bojonegoro Rp 10.000, KA Ekonomi Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono Rp 10.000, KRD Surabaya-Porong Rp 4.000, KRD Surabaya-Lamongan Rp 4.000 dan  KRD Sidoarjo-Surabaya Pasar Turi  rata-rata Rp 5.000/orang.

Kepada para calon penumpang, diimbau membeli tiket KA jauh hari sebelum keberangkatan di tempat penjualan resmi yang telah ditentukan. Sangat tidak dianjurkan untuk membeli tiket lewat calo karena ketidaksesuaian nama di tiket dengan nama pada kartu identitas penumpang akan ditolak masuk stasiun/rangkaian KA.

Diimbau kepada calon penumpang selama perjalanan jangan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal baik di stasiun maupun di atas KA. Jika bepergian jangan membawa barang yang berlebihan atau memakai perhiasan mencolok.Tetap waspada, walaupun sudah ada petugas yang berjaga di stasiun maupun di atas KA. ryo/hms
Previous Post Next Post