7 Tips Bangun Rumah Dengan Biaya Irit

Pada umumnya rumah merupakan kebutuhan mahkluk hidup agar mereka memiliki tempat berteduh dan berinteraksi dengan keluarga, sehingga dapat saling melindungi diri dari segala bahaya dan membantu satu sama lain.

Sebuah rumah sangat berfungsi sebagai wadah berkumpulnya suatu lembaga terkecil masyarakat manusia,yang sekaligus dapat dipandang sebagai “shelter” bagi tumbuhnya rasa aman atau terlindung. 

Rumah juga berfungsi sebagai wadah bagi berlangsungnya segala aktivitas manusia yang bersifat intern dan pribadi. Jadi, rumah tidak semata-mata merupakan tempat bernaung untuk melindungi diri dari segala bahaya, gangguan dan pengaruh fisik belaka melainkan juga merupakan awal terbentuknya rasa gotong royong, tanggungjawab dan welas asih antar sesama dan sebagainya. 

Dan apabila telah mentelaah fungsi dari rumah diatas, maka akan menimbulkan suatu keinginan yang kuat, agar bisa membangun dan memiliki rumah sendiri.

Tentu saja keinginan itu mudah dapat tercapai, apabila secara ekonomi kita memiliki harta yang berlimpah.

Sebaliknya, bagaimana kalau hanya memiliki pendapatan yang pas-pasan. Sedangkan kita memiliki lahan yang tersedia, meski itu adalah tanah keluarga, atau warisan................

Syarat Membangun Rumah Dengan Biaya Irit :

1. Anda harus membuat gambaran, berapa besar dan luasnya rumah yang akan dibangun.
2. Coba belajar mengkalkulasikan berapa jumlah, batu bata atau batu Hollobrik, Seng, Kayu, Besi, Pasir, Semen dan Koral yang akan dipakai (apabila tidak tahu, coba bertanya pada tukang)
3. Setelah dapat, lalu paksakanlah diri (dengan menyisihkan uang belanja) anda agar bisa membeli salah satu bahan-bahan bangunan yang diperlukan itu.
4.   Apabila tidak mempunyai tempat untuk meletakan bahan bangunan itu, sebaiknya jangan dibeli dahulu, namun uang yang ada, anda titip dulu pada toko bangunan yang dapat dipercaya.
5. Dalam hal pengerjaan, cobalah melakukan dengan bergotong royong (mengajak sanak famili atau karib kerabat) membantu anda (cukup 2 kali seminggu/ sabtu dan minggu).
6. Hal yang utama, laksanakanlah pengerjaannya secara bertahap, dan sesuaikan dengan bahan yang ditabung atau berapa bahan banyak tersedia.
7. Selalu berdo'a, agar Allah selalu memudahkan jalan anda untuk membangun rumah impian anda.








Previous Post Next Post