Mantan Pemain Timnas Primavera Kunjungi Padang

nusantara-- Beberapa kumpulan pemain yang tergabung di Tim Nasional Indonesia era tahun 90-an atau yang dikenal Tim nasional dari program Primavera, tengah melakukan kunjungan ke Kota Padang. Rombongan yang dipimpin Yeyen Tumena ini, disambut dalam kegiatan temu ramah bersama Walikota Padang yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Nasir Ahmad dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora), Suardi di Palanta Walikota, Jumat (13/3) lalu. Dalam rombongan, juga tampak ikut nama-nama beken seperti Bejo Sugiantoro, Uston Nawawi, Kurnia Sandi dan masih banyak lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda, Nasir Ahmad berharap, semoga dengan adanya kunjungan dari beberapa pemain Timnas Primavera kali ini, lebih meningkatkan lagi persepakbolaan di Kota Padang. Di samping itu, juga diharapkan dapat memberikan motivasi bagi anak-anak yang latihan di Sekolah Sepak Bola (SSB), bagaimana nantinya juga bisa meniru mereka untuk dapat bermain di tingkat nasional.

"Dari 38 SSB yang ada di Kota Padang memang terus dilakukan pembibitan, baik melalui kejuaraan maupun seleksi. Jadi, dalam hal ini, kita mengucapkan terima kasih banyak atas kesediaan beberapa pemain Timnas Primavera yang berencana akan melakukan berbagai kegiatan pembinaan bagi anak-anak SSB. Semoga kesempatan ini, dapat dimanfaatkan anak-anak dengan sebaik-baiknya," ungkap Sekda yang diamini Kadispora, Suardi.

Sementara itu, Ketua rombongan Timnas Primavera, Yeyen Tumena juga mengatakan, ia sangat bangga melihat perkembangan SSB di Kota Padang saat ini. Baik dalam akademi PSP Padang maupun bersama Semen Padang FC. Sebagaimana, dalam sepak bola, pembibitan dan pembinaan mesti wajib dilakukan dari dasar atau usia dini.

"Tidak mungkin siapapun yang bisa langsung hebat bermain bola tanpa dilatih dan dididik dari usia anak-anak. Untuk itu, memang sangat diperlukan latihan yang teratur dan motivasi yang tinggi. Sehingga, anak-anak tidak hanya berlatih, namun juga dalam mewujudkan cita-citanya menjadi pesepakbola profesional kelak," terang Yeyen yang mengawali karirnya di PSP Padang ini.

Mantan pemain timnas ini melanjutkan, sejatinya Kota Padang dari dahulunya memang berpotensi dalam melahirkan pesepakbola hebat yang meneruskan para seniornya bermain di tingkat nasional. Menurut Yeyen, dengan adanya beberapa faktor pendukung seperti banyaknya SSB kemudian juga lapangan latihan yang memadai memang menjadi alasan sejauh ini.

"Hal ini, juga tidak lepas dengan adanya dukungan dan perhatian dari pemerintah yang diiringi beberapa lembaga terkait. Untuk itu, saya sangat yakin akan terus dilakukan di sini. Karena, jika ada atlet yang bisa berkancah di level nasional atau membawa nama tim nasional, mungkin tidak hanya pemain dan keluarganya sendiri yang akan bangga, seluruh masyarakat di daerah asalnya pasti turut bangga. Seperti saya sendiri alhamdulillah telah merasakannya,' tutur Yeyen sambil tersenyum.(mond/rel)
Previous Post Next Post