Pembahasan APBD 2015 Akan Dikebut DPRD Sumbar

Nusantara~Setelah resmi dilantik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, kemarin Rabu (15/10), membentuk alat kelengkapan. Setelah itu baru diadakan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015.

Alat kelengkapan yang dilakukan kemarin adalah pembentukan komisi-komisi dan Badan Legislasi, Badan Musyawarah dan Badan Anggaran, Sementara itu Badan Kehormatan akan dibentuk hari ini (Kamis, 16/10).

" Terbentuknya alat kelengkapan dewan, maka DPRD Sumbar bisa memaksimalkan kerja untuk membahas APBD," kata Arkadius, wakil ketua DPRD Sumbar Rabu (15/10).

Menurut Risnaldi, DPRD tidak bisa bergerak melaksanakan tugasnya jika alat kelengkapan belum terbentuk. Untuk menyusun agenda sidang dan pembahasan, harus melalui Badan musyawarah. Setelah diagendakan di Bamus, barulah bisa dilakukan pembahasan. Namun tanpa komisi, tentu saja tidak bisa dilakukan.

Terkait APBD 2015, ia menuturkan anggota dewan baru tinggal melanjutkan karena Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) sudah ditetapkan oleh anggota DPRD sebelumnya. Tinggal melakukan pendalaman-pendalaman terhadap alokasi  anggaran melalui komisi-komisi bersama mitra kerja dari pihak eksekutif tanpa bisa memasukkan pokok-pokok fikiran baru.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim optimis, pembahasan APBD tahun 2015 bisa tuntas tepat waktu. Alat kelengkapan DPRD akan tuntas dalam pekan ini dan segera mengebut pembahasan APBD.

" Alat kelengkapan tuntas pekan ini. Setelah itu DPRD segera membahas APBD dan kita optimis bisa ditetapkan tepat waktu," kata Hendra.(mond)
Previous Post Next Post