Kodam Bukit Barisan Turunkan 116 SSK

Sumbar, Nn ~ Komando Daerah Militer-Kodam 1 Bukit Barisan siap mengamankan pelaksanaan Pemilu 9 April secara penuh, dengan menurunkan 11 ribu 600 personel dalam 116 SSK-Satuan Setingkat Kompi. Hal tersebut diungkapkan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari ketika melakukan kunjungan kerja ke Korem 032 Wirabraja Sumatera Barat
Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari mengatakan, kondisi keamanan di bawah wilayah Kodam Bukit Barisan, termasuk di dalamnya Sumatera Barat, relatif kondusif dari potensi kerusuhan jelang Pemilu 9 April Mendatang. Kesimpulan dimaksud didasari atas pengamatan dan laporan dari masing-masing Danrem.
"Kondisi kemanan pada Pemilu nanti di daerah ini (Sumatera Barat) diperkirakan kondusif, tidak ada potensi kerusuhan. Danrem sudah melapor ke saya", ucapnya.

Menurut Mayjen TNI Istu Hari, meski tergolong kondusif, namun pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan tetap harus dikawal agar berjalan aman dan tertib. Pada Pemilu 9 April mendatang Kodam 1 Bukit Barisan menyiapkan 116 SKK-Satuan Setingkat Kompi. Dari jumlah tersebut 76 SSK telah tergabung secara langsung dengan pengamanan yang dikoordinir Kepolisian. Sementara sisanya sebagai back up pengamanan.
"Kami sudah siapkan personel. Jumlahnya mencapai 116 SSK, tiap SSK ada 100 orang. Pembagian tugas untuk personel di lapangan juga sudah diatur. 2 SSK akan diperbantukan untuk tiap Polda, dan masing-masing 1 SSK untuk setiap Polres dan Polsek", paparnya.

Lebih lanjut Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari mengatakan, pada Pemilu mendatang jajaran TNI tidak hanya dihimbau untuk ikut menjaga ketertiban tetapi juga menjaga netralitas. Mayjen TNI Istu Hari menegaskan, jajaran TNI tidak dibenarkan mendukung atau terlibat kegiatan politik praktis, baik dalam Pemilu Legislatif ataupun Presiden.

"Kalau di TNI netralitas dalam Pemilu itu harga mati, tidak bisa ditawar-tawar", tegasnya.

Sementara itu, kedatangan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Istu Hari ke ranah Minang, Selasa siang (25/02) disambut oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, di Bandara Internasional Minangkabau-BIM. Dalam kunjungan kerja selama tiga hari di Sumatera Barat mulai Selasa (25/02) hingga Kamis (27/02), Mayjen TNI Istu Hari yang baru dilantik sebagai Pangdam 1 Bukit Barisan pada akhir Bulan November 2013 itu, bermaksud memperkenalkan diri kepada jajaran di bawah kendalinya, sekaligus memberikan pengarahan. Disamping agenda internal, kunjungan kerja Pangdam 1 Bukit Barisan ke Kota Padang juga untuk bersilaturahmi dengan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, yang dilangsungkan Selasa Malam (25/02) di Auditorium Gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman, Padang. Zardi
Previous Post Next Post