KJKS BMT Padang Besi Menjadi Percontohan Di Kota Padang

Kotapadang, Sumbar, Nn ~ Dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan koperasi di Kota Padang saat ini, setidaknya cukup menggembirakan terutama bagi Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) di beberapa kelurahan. Faktanya, hampir seluruh KJKS di tiap-tiap kelurahan menunjukkan kemajuan. Salah satunya, KJKS Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Kelurahan Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Selaku KJKS terbaik se Kota Padang saat ini, koperasi berbasis syariah tersebut sampai saat ini telah banyak membantu warga miskin dalam membuka suatu usaha.

“Adapun sebenarnya KJKS BMT ini berdiri, yaitu atas tersedianya suatu wadah koordinasi dan integrasi terhadap penanggulangan kemiskinan dengan berbadan hukum. Di samping itu, dengan  tersedianya lembaga keuangan yang mudah di akses oleh masyarakat dari kelompok berpenghasilkan rendah, agar dengan pinajaman tersebut bisa mengembangkan dan meningkatkan usaha mikro dan kecil,” kata Manager KJKS Padang Besi Henny Novariola SE, didampingi Bidang Pembukuan Helsi Sartika A.Md ketika ditemui di kantor sekretariat KJKS BMT Padang Besi, jalan raya Indarung no 02 RT 03 RW I pada Jumat (7/2).

Di samping, itu, jelas Henny Novariola, keberadaan KJKS BMT ini juga menekan keberadaan rentenir di tengah-tengah masyarakat dan memasyarakatkan kegiatan ekonomi syariah dan juga termasuk program Pemko Padang dalam menekan angka kemiskinan.

“Atas dasar niat itulah KJKS BMT Padang Besi ini juga didirikan yaitu pada Juni 2010 lalu. Dengan mengumpulkan modal awal Rp333 juta yang berasal dari dana hibah Pemprov Sumbar 150 juta, Pemko Padang 150 dan ditambah 33 juta dari simpanan wajib anggota KJKS. Dengan dana awal inilah kita mulai mengembangkan KJKS BMT Padang Besi sampai saat ini,” imbuh Henny Novariola

Setelah itu, Bidang Pembukuan KJKS BMT Padang Besi, Helsi Sartika A.Md juga menyampaikan, adapun persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini pun sangat mudah diakses bagi masyarakat. Tanpa agunan,dan hanya mendapat rekomendasi RT/RW yang disertai sistem kepercayaan dan kejujuran yang ditanamkanbagi seluruh anggota. Apalagi pengembalian angsuran bantuan ini setiap minggu dengan sistem dijemput ke ketua kelompok atau bisa juga mendatangi kantor KJKS.

” Tiap kelompok beranggotakan 5-10 orang itu ditanamkan bagaimana prosedur dan pengembalian bantuan, sehingga anggota paham aturan mainnya. kemudian dalam menentukan calon anggota biasanya dilakukan survei dan keputusan rapat komite sesuai kategori,” jelasnya

Di samping itu, sebut Helsi, KJKS BMT Padang Besi selalu menerapkan tertib administrasi. Dengan tertib administrasi berupa pelaporan tiap minggunya, oleh pengurus dan anggota supaya paham terhadap berapa aset koperasi saat ini.

“Di sinilah, keunggulan koperasi jasa keuangan syariah ini. Seperti KJKS Padang Besi yang pernah pada 2012 lalu mendapatkan predikat KJKS terbaik se Kelurahan Kota Padang dengan reward studi banding ke BMT Sidogiri di Kota Surabaya dan juga ke Bali dengan rombongan yang di pimpin Wakil Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah SP waktu itu” ujarnya

ditambahkannya, adapun dari awal berdiri KJKS BMT Padang Besi sejak 2010 hingga 2013 berdasarkan data perputaran uang sebanyak Rp 3.256.900.000 dengan jumlah keseluruhan anggota 375 orang yang terbagi 48 kelompok. Lalu dari dana tersebut akan dipinjamkan ke KK miskin produktif sebanyak 393 juta. Dimana dari data di Kelurahan Padang Besi untuk saat ini KK miskin di daerah tersebut berjumlah 203 KK

“Untuk itu atas nama KJKS BMT Padang Besi mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah membantu serta perhatian khusus Pemprov Sumbar dan Pemko dalam menunjang kelanjutan koperasi tersebut. Selain itu,semoga KJKS BMT Kelurahan Padang Besi mempertahankan prestasi dan juga memotivasi dan menjadi percontohan bagi KJKS di kelurahan lainnya yang betul-betul menjalankan sesuai undang-undang yang berlaku demi mensejahterakan masyarakat kecil ke bawah,” imbuh Helsi yang di ikuti bersamaan pengurus lainnya. (david)
Previous Post Next Post