Sumbar Peduli Bencana Gunung Sinabung

Kota Padang, Nn ~ Menyikapi Kondisi Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara masih terus menggeliat dan letusan-letusan itu melontarkan debu dan awan panas hingga ketinggian 5 kilometer (km). dan diketahui  sementara jumlah pengungsi hari ini mencapai 26.088 jiwa atau 8.103 KK yang tersebar di 38 titik penampungan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, ikut prihatin dan peduli  terhadap bencana alam letusan Gunung Sinabung di Karo beberapa waktu lalu telah mengirim Tim Advan dengan 15 personil yang terdiri dari 10 orang dari BPBD Sumbar dan 5 orang dari BPBD Pemkab Agam.

Gubernur Irwan Prayitno dalam via telepon pada Rabu malam (15/1) menyampaikan, bahwa pengirim Tim Advan ke lokasi bencana Gunung Sinabung adalah guna membantu kegiatan BNPB disana, terutama di daerah pengungsian dalam mendistribusiakn bantuan yang saat itu masih menumpuk di posko bencana di sana.

Tim Advan ini pada waktu lalu itu berada di lokasi bencana lebih kurang selama dua minggu, sejak tanggal 30 November hingga tanggal 15 Desember 2013 lalu, namun karena saat itu  kondisi masih siaga, belum terjadi bencana letusan berapi Gunung Sinabung maka Tim Advan diperbolehkan kembali ke pulang oleh BPBD Sumut.

Menyikapi yang terjadi saat ini Pemprov Sumbar telah menyiapkan 40 orang  personil penanggulangan bencana untuk diterjun ke lokasi bencana Gunung Sinabung di Karo jika dibutuhkan. Karena kita tahu Pemkab Karo belum lagi membentuk BPBD, sehingga setelah pelaksanaan darurat oleh BNPB Pusat tentunya akan diambil alih oleh BPBD Provinsi Sumatera Utara, dalam penanganan penanggulangan bencana yang terjadi.

Dan sesuai dengan ketentuan UU kebencanaan, daerah terdekat memiliki tanggungjawab membantu mendukung proses penanggulangan bencana di daerah tersebut. Saat ini diketahui selain provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau dan Jambi juga telah ikut serta membangtu dilokasi bencana. Sumatera Barat diwaktu lalu telah menyerahkan bantuan pakaian sebanyak 3 bal dan tenaga personil 15 orang dan untuk bantuan yang lain-lain kita akan melihat perkembangan yang dibutuhkan, ungkap

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, hari Rabu (15/1) bahwa tim BPBD Sumbar juga telah melakukan pemberian bantuan terhadap bencana banjir bandang di Pessel yang terjadi dua hari lalu berupa 2 buah perahu poliethelin, 30 dus makan siap saji, 5 dus sarden.

Sementara untuk bencana longsor di 5Koto Kampong Dalam, Nagari Cimpago Kabupaten Padang Pariaman menyerahkan bantuan, 6 dus makanan siap saji dan 6 box peralatan rumah tangga, ujarnya.Zardi
Previous Post Next Post