Penganugerahan Sosial Welfare Award oleh Ketua LKKS Sumbar

Padang, Nn ~ Pada acara Social Welfare Awards yang di adakan tadi malam di hotel rocky padang di hadiri oleh Ketua LKKS Prov.Sumbar, dan juga akan di hadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno, namun karna acara  Social Welfare Awards bertepatan dengan acara Bapak Gubernur di Auditorium Gubernuran yakni acara Pisah Sambut Kajati Sumbar maka Kepala Dinas Sosial Prov.Sumbar Bapak Abdul Gafar.

Dalam Sambutan Ibu Nevi Irwan Prayitno mengatakan, acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2013 di Provinsi Sumatera Barat, untuk para pemimpin perusahaan dan lembaga kesejahteraan sosial ataupun perorangan yang telah menunjukan komitmen dan kepedulian dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan di Sumatera Barat.

Ibu Nevi Irwan Prayitno menyampaikan 3 alasan mengapa peran dunia usaha dan masyarakat sangat penting dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
  1. Kesejahteraan sosial ; masalah yang dapat dikatakan tidak dapat habis sama sekali dan bahkan cendrung mengikuti perkembangan kehidupan manusia.
  2. Daerah kita rawan bencana ; hampir setiap ada bencana alam, berskala menengah dan berskala besar, merobohkan bangunan akan tetapi bisa juga menghancurkan infra struktur yang ada di Sumatera Barat, dapat menghancurkan sarana usaha masyarakat yang menghilangkan mata pencaharian dan menimbulkan penduduk miskin baru.
  3. Pemerintah masih memiliki kemampuan yang terbatas dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial. LKKS lah yang akan berperan mengkoordinasikan dan membina kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Peraturan Pemerintah nomor 39 tahun 2012 tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial, menyebutkan peran badan usaha maupun masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial tersebut dapat berupa; pemikiran, prakarsa, keahlian, dukungan kegiatan, tenaga, dana, barang, jasa, dan/atau fasilitas  untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Dalam rangka membantu pemerintah daearah sumatera barat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan percepatan pencapaian Millenium developmen Goals (MDGs) yang akan berakhir pada tahun 2015 nanti, maka LKKS Provinsi Sumbar bersama dengan LKKS kab/Kota akan berupaya mengkoordinasikan dan membina organisasi dan lembaga kesejahteraan sosial yang ada, tetapi juga memberi perhatian dan penekanan khusus pada upaya penanggulangan kemiskinan melalui wahana Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA) sebagai lembaga kesejahteraan sosial bagi keluarga ditingkat akar rumput. ungkap Ibu Nevi 
Previous Post Next Post