Lokakarya FTP Unand Hadapi Pasar Bebas

Padang, Nn ~ Untuk menghadapi pasar bebas ASEAN 2015, hari ini Fakultas Pertanian Universitas Andalas padang melaksanakan kegiatan lokakarya yang berlangsung selama 3 (tiga) hari. Lokakarya yang bertemakan “peranan pendidikan teknologi pertanian dalam peningkatan daya saing industri mikro, kecil dan menengah ” diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari FKPT TPI, Dinas intansi terkait, perguruan tinggi negeri dan swasta baik dari Sumbar maupun luar Sumbar, ini disampaikan Prof. DR.Ir. Fauzan Azima, MS, selaku ketua penyelenggara kegiatan yang juga sebagai Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UNAND di sela-sela kegiatan di Pangeran Beach Hotel Padang. 

Lokakarya ini bertujuan untuk membahas bagaimana usaha UMKM ini dapat bersaing dalam peningkatan hasil mutu produk dengan produk-produk luar negeri. Yang mana produksi dalam negeri mulai tertinggal dari Negara-negara ASEAN lainnya baik dari segi mutu maupun kemasan.  Maka dari itu lokakarya ini diadakan,  Fauzan menjelaskan,saat di wawancarai disela kegiatan lokakarya.

Untuk dapat bersaing dalam pasar bebas ASEAN di tahun 2015, produk-produk yang akan dihasilkan para pelaku UKM nantinya harus diperkuat dari segi mutu, keamanan, kwantitas dan kualitas serta kemasan dan lulus uji dari BPPOM agar bias bersaing dalam pasar bebas ASIA 2015 nantinya, ujar fauzan menambahkan.

Diharapkan dengan adanya lokakarya ini,  bisa menginspirasi dan meningkatkan kerjasama  semua pihak dalam memanfaaatkan potensi teknologi pertanian, untuk mengatasi permasalahan pertanian baik dilingkup nasional maupun internasional.

Karena pelaku UMKM saat ini lemah terhadap daya saing dalam menghadapi persaingan perdagangan antar Negara, yang ditandai dengan terdesaknya produk-produk hasil pertanian Indonesia yang dihasilkan para pelaku UKM, dengan hasil produk impor dari Negara tetangga seperti Malaysia, Thailand dan China, maka diharapkan lokakarya ini dapat kembali menumbuh kembangkan daya saing dalam hal kwalitas, keamanan serta kemasan sehingga pelaku UKM dapat kembali menggeliat dalam pasar bebas ASEAN 2015, Fauzan mengakhiri….(Alang/dnl)




Previous Post Next Post