Meriahkan HUT Kota Padang dan RI

Padang, Nn -- Memeriahkan HUT RI dan Kota Padang, ratusan massa dari kelurahan, SKPD, instansi hingga TNI/Polri akan turun ke jalan dengan aksi pawai telong-telong dan napak tilas, Jumat (16/8) ini. "Persiapan telah 90 persen. Ini adalah pesta multi etnis, kita minta dukungan semua warga Kota Padang untuk ikut memeriahkan dan menyukseskan kegiatan ini. Dan jangan lupa mengibarkan bendera pada tanggal 16 hingga 18 Agustus di rumah masing-masing," ujar Wako Padang Fauzi Bahar saat melakukan persiapan perayaan HUT RI dan Kota Padang ini.
 
Kemudian, untuk teknis persiapan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Deno Indra Firmansyah yang ditunjuk menjadi ketua panitia pawai telong-telong mengatakan bahwa telah ada sebanyak 50 kelompok dan sejumlah sekolah yang mendaftarkan diri. Sedikitnya, pada pawai obor ini akan diikuti sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari masyarakat di 11 kecamatan, organisasi sosial, KNPI, pelajar dan berbagai komunitas unik dari masyarakat.
 
"Selain adanya kelompok yang mendaftar untuk mengikuti pawai tersebut, kita juga meminta kepada SKPD agar dapat ikut serta memeriahkan kegiatan ini. Salah satunya mungkin bisa dengan mengerahkan kendaraan
operasional di dalam rombongan pawai dan juga bisa dengan menampilkan keunikan dari instansi tersebut," jelasnya. Ia mengatakan, para peserta berkumpul pukul 16.00 WIB, kemudian akan dilepas Gubernur Sumbar dari depan kantor Balai Kota Padang di Jalan M Yamin pukul 19.00 WIB. Dengan obor, para peserta akan menelusuri Jalan Bagindo Aziz Chan, Sudirman dan berakhir ke jalan Ratulangi Padang.
 
Sementara itu, Staf Ahli Walikota Padang, Firdaus Ilyas yang ditunjuk sebagai ketua panitia kegiatan napak tilas menjelaskan bahwa untuk kegiatan tersebut peserta diharapkan hadir terlebih dahulu sebelum pawai telong-telong. "Soalnya kegiatan akan diisi dalam dua estape, yaitu menyusuri Jalan Sudirman, Khatib Sulaiman hingga sampai di Taman Makam Pahlawan Lolong untuk disinergikan dengan renungan suci pada pukul 00.00 WIB Jumat (17/8). Kemudian, menyusuri daerah pantai Kota Padang sampai pagi harinya peserta bergabung ke Lapangan Imam Bonjol untuk mengikuti upacara," jelas Firdaus.
 
Ia mengatakan, peserta yang telah mendaftarkan diri berjumlah sebanyak 147 tim. Satu tim berjumlah tujuh orang. Peserta terdiri dari pegawai kelurahan, SKPD, instansi hingga TNI/Polri. Untuk kostum kegiatan yang menempuh jarak sekitar 12 km di dalam Kota Padang ini, para peserta mengenakan pakaian perjuangan. "Kita juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Padang untuk menangani peserta yang KO dalam kegiatan ini. Soalnya kegiatan dilakukan dari malam hingga pagi," tukasnya. LiL
Previous Post Next Post