Prediket Layak Anak Kembali Diterima Pemko Padang

Padang, Nn -- Hari ini Pemko Padang kembali meraih Penghargaan Kota Layak Anak. Direncanakan, penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Walikota Padang Dr. Fauzi Bahar, M.Si pada acara peringatan Hari Anak Nasional di Jakarta.

Adanya penghargaan ini tidak terlepas dari sejumlah indicator keberhasilan untuk kesejahteraan anak yang digerakkan oleh Pemko Padang. "Menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal merupakan wujud komitmen dari pemerintah," ujar Wako Padang, Fauzi Bahar, kemarin.

Seperti diketahui, Penghargaan Kota Layak ini telah berhasil diraih sebanyak tiga kali oleh Pemko Padang, yakni tingkat pratama pada tahun 2008, tingkat madya pada 2012 dan tingkat madya pada 2013 ini. Adapun indikator keberhasilan Kota Padang dalam meraih Penghargaan Kota Layak Anak pada tahun ini adalah adanya program religi untuk siswa, program kegiatan yang berkaitan dengan pemenuhan hak-hak anak serta untuk kesejahteraan anak.

Dikatakan Fauzi, pada kegiatan religi Kota Padang ada pesantren ramadhan, didikan subuh, wirid remaja, kegiatan pastoral bagi non muslim, hafalan juz amma, asmaul husna dan beras genggam. "Selain itu juga ada program-program lainnya yang mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak. Ini tidak terlepas dari dukungan seluruh unsur masyarakat, pihak swasta serta stakeholder melalui kegiatan olahraga, kesenian serta aneka lomba yang diadakan," tukas Fauzi.

Sementara itu, Kepala BPMPKB Kota Padang Wedistar menjelaskan, indikator lain keberhasilan Kota Padang meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak berkaitan dengan program kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan hak-hak anak, diantaranya zona selamat sekolah, pembangunan shelter, sekolah adiwiyata, beasiswa bazda, puskesmas ramah anak, rumah perlindungan anak perda pembinaan anak jalanan, posko drop out, dan sebagainya.

“Kita harus terus mempertahankan prestasi ini, dan meningkatkan berbagai program kegiatan dalam rangka pemenuhan hak-hak anak” tambah Wedistar. LiL
Previous Post Next Post