“Raja Sumatera 2” Meriahkan HUT Kota Padang Ke 344

Padang, Nn -- Para pecinta kicau mania sejati yang tergabung dalam Liga Kicau Mania Indonesia (LKMI) Kota Padang menggelar Festival Raja Sumatera 2 (FRS2) dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke 344 yang jatuh pada 7 Agustus mendatang.

Ketua Pelaksana FRS2 H. Syafril Basir, SH yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kota Padang menjelaskan, penyelenggaraan FRS2 dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke 344 diikuti sekitar 800 orang peserta dari berbagai daerah di Sumatera, dengan hadiah utama 3 sepeda motor dan uang tunai.

Sekretaris Daerah Kota Padang tersebut juga menjelaskan, jenis burung yang diperlombakan antara lain adalah Kapas Tembak, Love Bird, Kacer, Murai Batu, Kenari, CH. Polos, CH. K. Kuning, Kacer, Murai Batu Ekor Hitam, Kenari, dan jenis lainnya.

Lebih lanjut dijelaskan, penilaian penjurian berkicau sesungguhnya adalah suatu yang “semi abstrak” dapat dinilai dan diperbandingkan oleh para juri, tapi sangatlah sulit dijabarkan secara detail apalagi dituangkan dalam suatu aturan baku.

“Walaupun demikian, dasar penilaian dalam lomba LKMI ini adalah keindahan bunyi lagu, irama, variasi kicauan, stabilitas bunyi dan tingginya durasi kerja, gaya dan penampilan,” terang Syafril.

Syafril menambahkan, dengan digelarnya FRS2 di Kota Padang bisa menjadi ajang silaturrahmi para pecinta kicau mania sejati yang tersebar di berbagai daerah di Sumatera, serta ajang ini juga bisa dijadikan sebagai ajang berbagi ilmu dan pengalaman dalam merawat dan memelihara burung.

Sementara itu, David Chan salah seorang peserta FRS2 yang berasal dari Kota Padang dengan membawa 3 jenis burung, salah satunya Murai Batu yang diberi nama “Bro” mengatakan, acara seperti FRS2 ini menjadi penyemangat dalam melatih kicauan burung dan memelihara burung lebih baik lagi. LiL
Previous Post Next Post