Indonesia Diurutan Keempat Dunia

Nn, Padang -- Diera globalisasi perkembangan dunia komunikasi dan informatika sungguh luar biasa dari tahun ketahun, saat ini bangsa Indonesia menggunakan alat perangkat lunak, nomor 4 terbesar di dunia, jadi Indonesia salah satu Negara yang penduduknya banyak memanfaatkan peralatan tehnologi sebagai alat komunikasi dan informasi.

Disampaikan  Ditjen Informasi dam Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy H. Tulung. Pada acara Pembukaan Bimbingan Teknis Bakohumas, teknik penulisan, Analisis konten media dan manajemen media online, selama 2 hari (7-8 Mei) di ikuti Anggota Humas Kota/Kabupaten se-Indonesia, di Aula Gedung Hatta The Hills Hotel Bukittinggi.

Freddy katakan anggota humas harus bisa memanfaatkan peralatan lunak untuk menyebarluaskan segala bentuk informasi di daerah masing-masing, di sinilah letak peranan penting humas sebagai corong dari pemerintahan dalam menyampaikan bermacam kegiatan-kegiatan kemasyarakan.

Perkembangan teknologi informasi diera sekarang sangat cepat dan cepat dapat di nikmati orang dalam hitungan detik, begitulah canggihnya dunia informasi, humas harus kreatif, professional, cepat tanggap dan dapat menguasai perangkat lunak. ujar Freddy.

Maka itu, humas harus dapat menguasai beberapa unsur sebagai alat pemersatu ditengah-tengah masyarakat yaitu, unsur-unsur pencerahan, unsur-unsur pemberdayaan dan unsur-unsur nilai pendidikan.

Bila ketiga unsur tersebut sudah dapat di satukan dan kuasai anggota humas, semua program yang direncanakan pemerintah di wilayah masing-masing akan berjalan lancar dan sukses karena semua kegiatan sudah di sebarluaskan, sedemikian rupa lewat media massa, sehingga masyarakat dapat menerima kegiatan yang akan di laksanakan.

Dia (Freddy) berharap sangat kepada seluruh peserta pelatihan Bimbingan Teknis Bakohumas Teknik penulisan, Analisis konten media dan manajemen media online untuk dapat mengikutinya dengan serius dan penuh perhatian, sehingga dalam bertugas nantinya humas harus professional tidak di temui persoalan-persoalan yang berati karena sudah ada dibekali dengan ilmu komunikasi dan informasi.

Ketua pelaksanakan melaporkan Bintek Bakohumas Alex Anindito melaporkan jumlah peserta Bintek di ikuti 70 orang yang bersal dari Kota dan kabupaten se- Indonesia, selama 2 hari dari tanggal 7-8 Mei 2013 di Hotel The Hills Bukittinggi.

Alex Anindito katakan Bintek ini sangat bermanfaat sekali bagi Humas dalam bermitra bertugas dilapangan bersama Pers, Humas dituntut untuk  lebih menguasai ilmu teknis cara penulisan berita kegiatan di daerah masing-masing.

Seperti metode dan teknik penulisan jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, teknik Presentasi, Public Speaking, Public Relation dan mengelola Web dan Media Online, Manajemen Kehumasan, ujar Alex.

Pelatihan Bimbingan Teknis Bakohumas terselengara berkat kerja sama dengan Media Indonesia (MI) Komuniktas sebagai narasumber dan pemberi materi antara lain, Ade Alwi  Asisten Kepala Divisi Pemberitaan Media Indonesia dengan materi Teknik Menulis Berita, Usman Kansong  Direktur Pemberitaan Media Indonesia, materi  Teknik Membuat Siaran Pers, Opini, Advertorial, Feature dan Victor JP Nababan, YM Vicmedia dengan materi Manajemen Media Online. Rel/taf

Previous Post Next Post