DPRK Aceh Tenggara Kunker Ke Padang

Nn, Padang --  Sebanyak 47 orang rombongan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tenggara yang dipimpin Ketua DPRK Aceh Tenggara Salim Fakhri melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang. Kunjungan kerja tersebut dalam rangka sharing informasi dan studi banding di bidang tata ruang dan tata bangunan, pengelolaan pemerintahan di tingkat kecamatan, dan pelayanan kesehatan di Puskesmas.

Kedatangan rombongan tersebut disambut langsung Sekretaris Kota Padang Syafril Basir bersama kepala SKPD Kota Padang di Ruang Sidang Balaikota Kota Padang.

Dikesempatan itu Syafril menjelaskan, untuk mempermudah proses investasi dan penanaman modal di Kota Padang, di tahun 2013 Pemko Padang membentuk SKPD baru yang mengurus masalah investasi, penanaman modal serta pelayanan perizinan dibawah satu atap, dengan nama Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu.

“Dengan adanya SKPD baru tersebut, akan mempermudah dan memperlancar segala bentuk proses investasi dan pelayanan perizinan,” ujar Syafril.

Ditambahkan Syafril, sehubungan dengan izin mendirikan bangunan, Pemko Padang membagi kewenangan kepada Lurah dan Camat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemko Padang. 

“Untuk izin mendirikan bangunan dengan luas mulai dari 0-60 meter persegi izin dikeluarkan oleh Lurah setempat, sedangkan izin bangunan dengan luas 60-100 meter persegi dikeluarkan oleh Camat, dan untuk luas bangunan lebih dari 100 m2 izin dikeluarkan oleh Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan Kota Padang,” terang Syafril.      

Syafril menambahkan, prioritas pembangunan Kota Padang tahun 2013 meliputi; peningkatan pelayanan publik dan penguatan pemerintahan kecamatan dan kelurahan serta penyediaan sarana dan prasarana pemerintahan; pembinaan kehidupan dan aktivitas beragama, adat dan budaya.

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Tenggara Salim Fakhri menjelaskan, dengan kunjungan kerja ke Kota Padang, DPRK Aceh Tenggara akan mempelajari sedetail mungkin tentang tata ruang dan tata Kota Padang, pengelolaan pemerintah di tingkat kecamatan serta pelayanan kesehatan di Puskesmas.

“informasi yang diberikan kepada kami akan sangat berarti demi kemajuan pembangunan Kabupaten Aceh Tenggara,” ujar Salim.

Untuk lebih mendapatkan informasi dan hasil yang maksimal,  Sekretaris Kota Padang Syafril Basir mengajak rombongan tersebut untuk melihat langsung penyelenggaraan pemerintah Kota Padang ke kantor Badan Penanaman Modal dan Pusat Pelayanan Terpadu Kota Padang di Jalan Sudirman, selanjutnya ke Kantor Camat Padang Barat di Jalan Veteran, dan terakhir ke Puskesmas Alai. rel/lil

Previous Post Next Post