396 Siswa Ikut Seleksi Paskibraka

Nn, Padang -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang menggelar seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Pakibraka) yang diikuti 396 siswa tingkat SLTA se-Kota Padang. Seleksi tersebut diadakan pada 20-23 Maret di Kantor Dispora Kota Padang dan GOR H. Agus Salim.

Dimulainya seleksi Paskibraka tingkat Kota Padang ditandai dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, SP di Palantaran Parkir GOR H. Agus Salim.

Dikesempatan itu, Mahyeldi menjelaskan seorang Paskibraka harus memiliki wawasan dan kemampuan yang menonjol, disiplin yang tinggi baik dalam lingkungan sendiri maupun dalam lingkungan masyarakat.

“Seorang Paskibraka tidak saja dituntut mampu mengibarkan bendera, tetapi juga dituntut harus mengetahui dan menghargai arti kebesaran sebuah bendera,” tegas Mahyeldi.

Ditambahkan Mahyeldi, selain menguji kemampuan baris berbaris, seleksi Paskibraka juga melihat bakat yang dimiliki siswa, penguasaan iptek, dan kesehatan jasmani dan rohani.  

Sementara itu, Kabid Pemuda Dispora Kota Padang Meidison menjelaskan, untuk menjadi Paskibraka ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui siswa, pertama seleksi di sekolah, seleksi tingkat Kota, seleksi tingkat propinsi, dan seleksi tingkat nasional.

“Dari 396 peserta yang diseleksi akan dipilih 10 orang putra dan 10 putri untuk mengikuti seleksi ditingkat propinsi,” ujar Maidison.

Lebih lanjut dijelaskan, di tahun yang lalu 14 orang Paskibraka Kota Padang lulus di tingkat propinsi, dari 14 orang tersebut 1 orang lulus di tingkat nasional.  

“Pada seleksi tahun ini, ada 5 sekolah yang tidak mengirimkan siswanya untuk mengikuti seleksi Paskibraka, yaitu SMA 5, SMA 11, SMA 13, SMA 15, dan SMA 16,” ujar Meidison. Rel/LiL
Previous Post Next Post