Wawako Padang Warning SKPD

Nn, Padang -- Penetapan APBD  (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Kota Padang telah di tetapkan awal Bulan Januari 2013 lalu.  Jadi waktu yang efektif tinggal 10 bulan lagi, oleh sebab itu Rapat Koordinasi ini sangat tepat sekali dan penting dalam rangka menyusun strategi dan langkah-langkah tepat untuk dapat menyelesaikan pelaksanaan kegiatan kerja secara optimal, Taat Azaz, Tepat waktu,  Efesien dan Efektif sesuai dengan kenerja yang sudah ditetapkan di masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) harus tuntaskan program dan kegiatan kerja tepat waktu.

Disampaikan Wakil Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP  pada acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Triwulan I di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun Anggaran 2013, di Lantai II Balaikota Padang. Mahyeldi, katakan menyikapi keterbatan dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, namun kita harus yakin dengan usaha semangat dan kebersamaan, secara bertahap akan bisa kita realisasikan.

Waktu  10 (sepuluh) bulan yang tersisa, kita targetkan di Bulan Nopember 2013 seluruh kegiatan sudah selesai 100 %.  Semua dapat di capai dengan menyusun langkah-langkah pembuatan rencana kerja yang lebih matang dan tepat sararan dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, ujar Mahyeldi. Diharapkan Kepala SKPD selaku pengguna anggaran dan PPTK selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan hendaknya dapat mempercepat pelaksanaan program  dan kegiatan tahun 2013 dengan optimal dan mengambil langkah-langkah tepat, sehingga program dan kegiatan sesuai rencana, ujar Wawako.

Selanjutnya, Kepala Bagian Pertanahan Kota Padang, Ir. H. Afrizal BR. Melaporkan  sesuai evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2012 lalu, masih ditemui beberapa SKPD tidak dapat menyelesaikan program dan kegiatannya sesuai waktu ditetapkan. Sebanyak 15 (lima belas) kegiatan yang bermasalah antara lainnya,:  5 kegiatan Paket, kena denda dan teguran. 2 Kegiatan Paket terjadi pemutusan hubungan kontrak.  6 Kegiatan Paket  tidak dapat di laksanakan dan 2 Kegiatan Paket di Optimalisasi.

Kegagalan dalam pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2012 tersebut mengindikasikan : Pertama ketidaksiapan SKPD perencanaan dalam melaksanakan program dan kegiatan. Kedua ketidaksiapan PA/KPA/PPK/PPTK dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan tupoksi. 

Ketiga kurangnya berkoordinasi dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dan keempat kurangnya pengawasan dan pengendalian PA/KPA/PPTK terhadap pelaksanaan di lapangan yang sedang berlangsung, ujar Afrizal. Maka itu, kita berharap kondisi seperti diatas untuk anggaran tahun 2013 tidak terulang lagi seperti Tahun 2012 lalu, jadi semua Pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran dan PPTK selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, hendaknya dapat mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan kerja tahun 2013 dengan tepat waktu, ujar Afrizal BR.  Rel/Taf

Previous Post Next Post