Walikota Padang Tutup MTQ Pauh

Nn, Padang -- Pauh, di Lapangan  Mesjid Darul Falah Komplek Perumahan Cimpago Permai Kelurahan Koto Lua. Dihadiri Ketua DPRD Kota Padang Zulherman, Kepala Kantor Kementrian Agama Padang,  rector Unad, pimpinan PT Semen Padang, ninik mamak, ratusan para kafilan dan official, camat, dinas/ instansi, PKK,  tokoh masyarakat, Majelis Taklim, para lurah, TPA/TPSA dan para pelajar se Kecamatan Pauh.

Keluar sebagai juara umum kafilah Keluruhan Koto Lua, dan walikota langsung menyerahkan piala bergilir kepada Pimpinan Kafilah Koto Lua, Lurah Yulnida. Yang disambut antusias masyarakat, karena kali ini Koto Lua juga bertindak selaku tuan rumah penyelenggara. Sedangkan posisi kedua dan tiga, yaitu Kelurahan Pisang dan LImau Manih.

Sedangkan rangking 4 sampai 9 yaitu, Kelurahan Limau Manis Selatan, Piai Tangah, Binuang, Lambung Bukit , Cupak Tangah dan Kapalo Koto. 

Walikota Fauzi Bahar menilai, MTQ Tingkat Kecamatan di Kecamatan Pauh memang luar biasa, karena mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Itu tercermin dari acara pembukaan dan sampai penutupan. Masyarakat selalu hadir ramai dan sangat antusias. Ketua Pelaksana Amri memang luar biasa pula, tegas Fauzi Bahar yang disambut geeer hadirin malam itu.

Dalam MTQ Tingkat Kota Padang yang akan dilaksanakan bulan Juni 2012 di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Walikota akan memberikan hadiah umroh kepada qari dan qariah terbaik. Makanya berlatihlah dengan serius dan sungguh- sungguh, tegas Fauzi Bahar.

Ada enam cabang lomba yang dipertandingkan, yaitu cabang tilawatil quran, hifzil quran, taril quran, fahmil quran, syarhil quran, cabang kutbah jumat, dengan total peserta 34 2 orang, plus official, kata Ketua Pelaksana Amri, SH. Tujuan MTQ ini yaitu, untuk menumbuhkembangkan semangat al- quran dalam kehidupan masyarakat, meningaktkan kwalitas dan kuantitas kafilah MTQ se Kecamatan Pauh setiap tahunnya, melakukan seleksi dan apresiasi terhadap bibit dan potensi masyarakat dalasm bidang lomba MTQ. Selain itu menjalin semangat persatuan dan kesatuan,, serta meraih prestasi gemilang di tingkat kota, tegas Amri optimis.

Dengan  MTQ  Tingkat Kecamatan Pauh, tentunya diharapkan akan lahir para qari dan qariah terbaik yang akan mengharumkan nama Kota Padang di pentas Propinsi atau nasional.

Al-Quran sebagai mukjizat bagi Rasullah SAW, ternyata mengandung keistimiewaan dan kemuliaan yang agung. Di dalamnya terdapat kandungan hikmah yang besar yang akan menentukan umat ke jalan yang benar sampai akhir zaman, disamping itu yang membacanya akan mendapat pahala, dan mendatangkan ketenangan dan kesejukan, ujar Emzalmi.

Lebih jauh dikatakannya, realita yang ada telah menunjukkan bahwa Al- Quran merupakan satu satunya kitab suci yang masih terpelihara isinya hingga saat ini. Allah SWT telah menyatakan di dalam surat Al- Hijr ayat 9 yang berbunyi, ‘’Sesungguhnya kami yang telah menurunkan Al Quran dan kami pula yang memeliharanya’’.
Oleh karena itu kewajiban kita sebagai umat islam menjaga dan memelihara serta mendalami isi Al- Quran sebagai pedoman hidup, yaitu dengan cara tahfidz al-quran (menghafal) yang telah dilakukan sejak zaman Rasullah SAW.

Pemko Padang terus memfokuskan program dan kegiatan pada upaya pembinaaan mental dan spiritual masyarakat, khsusunya generasi muda. Berbagai bentuk bentuk kebijakan yang telah diupayakan, yaitu dengan keluarnya Perda No.06 Tahun 2003 Tentang Wajib pandai baca tulis al-quran bagi peserta didik di sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah.

Instruksi walikota tentang pelaksanaan pesantren ramadhan, wirid remaja dan didikan subuh bagi siswa SD/MI, SLTP/MTs, SLTA/MA, serta instruksi walikota tentang wajib berbuasana muslim bagi pelajar muslim. Kini sudah mempunyai Perda yaitu, Perda No.02/tahun 2010 tentang pengelolaan dan pendistribusian zakat, serta kini Padang mencanangkan penghimpunan beras genggam untuk mengentaskan kemiskinan. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post