Balai Gadang Juara Umum MTQ

Nn, Padang -- Kegiatan MTQ ke 35 tingkat Kec. Koto Tangah yang diselenggarakan dari tanggal 24-26 Februari di Pondok Pesantren Darul Ulum Palariak Kel. Aie Pacah resmi ditutup oleh Sekda Kota Padang Ir. Emzalmi, M.Si. Dihadiri Kemenag Sumbar, Kemenag Kota Padang, MUI Kota Padang, SKPD Kota Padang, Camat dan Lurah se-Kec. Koto Tangah, serta Muspika, LPM, KAN, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang se- Kec. Koto Tangah.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Mahyeldi Ansharullah, SP tersebut diikuti 312 peserta dari 13 Kelurahan di Kecamatan Koto Tangah, dengan 7 jenis cabang perlombaan diantaranya; cabang tilawah (anak-anak, remaja, dewasa), cabang tartil (dasar, menengah, umum), cabang tahfiz (1 juz dan tilawah, 1 juz non tilawah, 5 juz dan tilawah, 5 juz non tilawah), cabang syahril Qur’an, cabang khutbah jumat, cabang fahmil Qur’an, dan cabang lomba rabana dan kasidah.

Pada kesempatan itu Emzalmi menjelaskan bahwa penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan di Kota Padang sangat mendukung pelaksanaan Perda No. 6 tahun 2003 tentang Wajib Baca Tulis Al-Quran. Dan tidak hanya bisa baca tulis Al-Qur’an akan tetapi Perda tersebut juga bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang religius, yaitu masyarakat yang membaca, memahami, dan mengamalkan kaidah-kaidah yang terkandung dalam Al-Qur’an, ujar Kabid Humas Pemko Padang Richardi Akbar, S. Sos kepada pers

“MTQ merupakan alat ukur dari penerapan Perda No. 6 Tahun 2003, dan untuk melaksanakan amanah dari Perda tersebut peran masyarakat sangatlah penting, dan tidak akan berhasil kalau hanya keinginan dari pemerintah saja”, tegas Emzalmi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Camat Koto Tangah Amasrul menerangkan bahwa pada awalnya peserta MTQ ke 35 Kec. Koto Tangah akan diikuti sebanyak 559 orang peserta, akan tetapi pada pelaksanaannya hanya diikuti oleh 312 peserta.

Ditambahkan, walaupun peserta MTQ Kec. Koto Tangah tidak seperti yang diharapkan, bahkan peserta hanya diikuti setengah dari peserta yang direncanakan akan tetapi animo masyarakat dalam mengikuti seluruh cabang MTQ tahun ini sangat tinggi mulai dari pembukaan sampai pada malam penutupan.

“Dengan bersama-sama, kita harus terus meningkatkan program Pondok Al-Quran di kecamatan dan di kelurahan-keluraha,agar nantinya peminat dan peserta MTQ terus meningkat dengan kualitas yang bisa bersaing, demi membumikan Al-Quran khusunya di Kec. Koto Tangah dan Kota Padang pada umumnya”, ujar Amasrul.

Pada Pelaksanaan MTQ ke 35 Kec. Koto Tangah, Kel. Balai gadang meraih juara umum dari 7 cabang perlombaan yang diikuti oleh 312 peserta dari 13 kelurahan. Hms

Post a Comment

Previous Post Next Post