Sekdaprov Sumbar : "Jabatan adalah Amanah"

Nn, Padang -- Pelantikan Eselon III dan IV dilingkungan SKPD diupayakan tuntas pada bulan Januari 2012 ini, agar pelaksanaan program kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dalam pelantikan Pejabat Eselon III dan IV ini juga dilakukan secara bertahap, karena ada proses yang mesti lakukan, yaitu tes kompetensi bagi yang belum, sehingga pejabat yang dilantik diharapkan mampu menjalankan tugas secara lebih baik.

Ini disampaikan Sekdaprov. DR. Ali Asmar, MPd ketika acara Pelantikan Pejabat Eselo III dan IV dilingkungan  Sekretariat  Daerah  Provinsi Sumatera Barat diruang Setda lantai II Kantor Gubernur, siang tadi.  

Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Drs. Sudirman Gani, Kabiro Pengelolaan Asset Daerah Ir. Syafruddin, Kabiro Organisasi Drs. Onzokrino, MSi, Kabiro Humas Surya Budhi,SH, Kabiro Perekonomian.

Lebih jauh Ali Asmar menyampaikan, kehadiran Biro Penggelolaan Asset Daerah merupakan upaya kita mewujudkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dan ini juga menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua PNS dilingkungan Pemprov Sumbar.

Biro Pengelolaan Aset Daerah diharapkan dapat memberikan kinerja secara baik yang dapat dilihat secara administrasi, namun juga ada bukti-bukti fisik yang konkret tentunya, ungkapnya.

Sekda juga menyatakan, pelantikan Jabatan hari ini merupakan sebuah penyerahan amanah sekaligus diberikan kesempatan untuk melakukan tupoksi dan rasa tanggungjawab dengan bersungguh-sungguh. Perlihatkanlah amanah itu dengan peningkatkan kinerja yang lebih baik.

Oleh karena itu para pejabat ini dapat memahami, melaksanakan dan menjalani tugas dan jabatan yang diberikan dengan penuh semangat, keikhlasan, dan kejujuran sesuai dengan sumpah jabatan yang telah dibacakan.

Ada empat hal penting yang harus di perhatikan oleh para pejabat ini yaitu, pertama mengetahui, memahami dan melaksanakan visi dan misi masing-masing bagian secara khusus dan visi dan misi pemerintahan sumatera barat secara umum. Kedua memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing, Ketiga memahami rincian dari tugas jabatan yang di pangku serta berupaya sebaik mungkin mewujudkan sasaran, tujuan dari organisasi  dan pencapaian target kerja.

Kedepannya perubahan perilaku, sikap, dan mindset, serta kultur sangat diharapkan agar diperoleh iklim kerja yang lebih baik kedepannya di masing-masing SKPD yang ada, harapnya.

Sekda juga menambahkan, secara umum semua usulan calon-calon pejabat telah di terima tinggal lagi kita ingin melihat apakah yang bersangkutan sudah mengikuti test kompetensi , jika belum mereka harus mengikuti test terlebih dahulu karena itu adalah salah satu syarat, adapun juga mereka sebelumnya sudah bertugas di pemerintah provinsi, tetapi belum mendapatkan kesempatan untuk test, kita harap mereka mengikuti test kompetensi terlebih dahulu, tentang kemampuan kinerjanya nanti kita bisa mendapatkan informasi dari pempinan-pimpinan SKPD nya, karena dua hal itu menjadi ketentuan pokok yang harus diikuti, baru bisa dibawa ke Baperjakat.

Diutamakan Pejabat dilingkungan Pemprov Sumbar dan calon- calonnya, apabila bidang tersebut tidak ada baru kita cari di luar, seperti di Dinas Peternakan, dibutuhkan tenaga dokter hewan, berhubung di Provinsi tidak ada dokter hewan yang membidangi itu, maka kita datangkan dari daerah, kita liat dari stock yang ada pada kita, jika tidak ada maka kita carikan dari luar, begitu juga dengan Dinas pemuda Dan Olahraga, orang yang membidangi bidang ini harus mengerti dengan olahraga, maka kita carikan dari luar dan semua harus mengikuti test kompetensi, paparnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post