Sumbar Tanam 19 Juta Pohon Selama 2011

Nn, Padangpariaman -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan, sepanjang 2011 di daerahnya telah dilakukan penanaman 19.712.889 bibit pohon yang tersebar di 19 kabupaten dan kota.

"Pemprov terus mendorong pemerintah kabupaten dan kota menggalakan penanaman pohon demi generasi mendatang. Pada 2010 tercatat 24.636.725 bibit pohon yang berhasil ditanam," katanya pada acara penanaman 10 ribu bibit pohon di Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman, Selasa.
 
Penanaman 10 ribu bibit berbagai jenis pohon itu secara simbolis dilakukan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan didampingi gubernur dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni serta unsur TNI/Polri dan pihak BUMN/swasta.

Ke depan, kata gubernur, ditargetkan melebihi dari penanaman pada dua tahun terakhir. "Makanya terus didorong peran aktif masyarakat, swasta, TNI/Polri untuk terus menggalakkannya," katanya.

Selain itu, dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan hutan, pemprov juga memberikan kesempatan yang luas dalam pengelolaan hutan yang lestari.

Karena itu, menurut dia, Pemprov Sumbar terus mendorong pengembangan hutan tanaman rakyat (HTR), hutan kemasyarakatan (HKm) dan Hutan Desa (HD), reboisasi, hutan pantai, serta pengembangan wanatani
(agroforestry).

Kemudian juga telah dicadangkan areal kerja kawasan HTR seluas 5.300 hektare dan HD/Nagari seluas 1.738 hektare, ujarnya.

"Kami juga telah mengusulkan penetapan areal kerja HKm sekitar 4.500 hektare ke Kemenhut dan diharapkan ditetapkan menteri dalam waktu
dekat," kata gubernur.
 
Pada kesempatan itu ia juga menyebutkan, selama 2011 telah dilakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman reboisasi hutan dan lahan seluas 7.806 hektare.

Sedangkan untuk hutan rakyat 2.222 hektare, hutan kota 165 hektare, hutan bakau 113 hektare dan pembuatan KBR sebanyak 290 unit. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post