DK PWI Pusat Berikan Pencerahan

Nn, Padang - Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Tarman Azzam dipastikan menjadi pembicara pada diklat peningkatan sumber daya manusia (SDM) bidang kehumasan yang diselenggarakan Bakohumas-Perum Antara Sumatera Barat.

"Mantan Ketua PWI pusat itu sudah menyampaikan kesediannya untuk memberi pencerahan aparatur humas kabupaten/kota dan BUMN/BUMD se-Sumbar," kata Ketua Bakohumas Sumbar, Surya Budhi di Padang, Kamis.

Narasumber lainnya dalam kegiatan diklat yang sejak Senin-Rabu (5-7/12) di Hotel Pusako Kota Bukittinggi, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Syaiful Hadi, Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI, Dr. James Pardede dan Sekretaris Ditjend Otda Kemendagri, Ujang Sudirman MM.

Menurut Budhi, dengan pembicara nasional yang datang diharapkan dapat memberi pencerahan terhadap aparatur humas, baik tentang peran dan fungsinya.

Terkait, disadari peran dan fungsi humas baik dipemerintahan maupun perusahaan milik negara dan daerah belum berjalan maksimal dan masih terdapat banyak kelemahan.

Padahal, peran humas sangat strategis dalam menyampaikan program pemerintah daerah ke tengah masyarakat.

Justru itu, kata Kepala Biro Humasprov ini, perlu terus dibekali aparatur humas untuk meningkatkan SDM, baik dalam pemahaman terhadap regulasi sekaitan peran dan fungsi maupun secara teknis dalam publikasi.

"Sangat disayangkan kalau berbagai kegiatan kepala daerah dan SKPD tidak terekspos ke publik, sementara aparatur humas setiap kegiatan sering hadir. Hanya disebabkan belum menguasai teknis membuat pers rilis ke media massa," katanya.

Karena itu, pegawai yang berada di posisi kehumasan mesti terus meningkatkan kemampuan SDM, seiring dengen perkembangan dinamika pers. Salah satunya tentu melalui diklat-diklat yang dapat menunjang kelancaran kerja.

"Diminta humas kabupaten dan kota serta di BUMN/BUMD merespons positif dan dukungan kepala daerah. Apalagi, pembicara yang didatangkan punya kemampuan dan memahami" ujarnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post