UPTD Diknas Padang Selatan Implementasikan “The Firs English Contest”

Nn, Padang -- Sebagai daerah yang terletak pada jalur wisata dan perekonomian, maka Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Padang Selatan, mengimplementasikan kurikulum muatan lokal bidang studi berbahasa Inggris dengan tema “The Firs English Contest” South Padang Elementary School Level  yang diselenggarakan pagi tadi di komplek Sekolah Dasar Alang Lawas Padang.

Melihat dari keterbatasan penguasaan siswa dengan hanya mengikuti 2 jam mata pelajaran Bahasa Inggris, 39 Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Padang Selatan lakukan kegiatan pengembangan dan pembiasaan diri yang dinamakan Morning News minimum setengah jam setiap minggunya. Sehingga pada saat itulah siswa bisa mempresentasekan keterampilannya seperti diantaranya puisi, nyanyi, cerpen dan lain sebagainya dengan menggunakan Bahasa Inggris, ujar Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Padang Selatan, AL Rahim ketika ditemui pagi tadi dikantornya.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan ini, keterbatasan pembelajaran materi yang hanya 2 jam tersebut kedepan akan dijadwalkan lebih sehingga penguasaan Bahasa Inggris akan lebih terbiasa dalam diri siswa. Agar program ini bisa lebih terevaluasi, maka diadakanlah kompetensi antar SD di Kecamatan Padang Selatan seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. 

Khusus untuk Bahasa Inggris, saat ini sudah mulai membaik, dimana secara kehidupan sehari-hari dengan adanya Morning News ini, siswa telah bisa memahaminya dengan cara berdialog. Meskipun tidak sepenuhnya maksimal, melihat dari hasil perlombaan, ternyata antusias mereka sangat luar biasa, kata Al Rahim.

Pada kesempatan itu, Pengawas Sekolah TK, SD Kecamatan Padang Selatan Drs. Zulfahmi,M.Pd menjelaskan, perencanaan kegiatan ini sudah dari 2 tahun yang lalu. "kegiatan ini merupakan bagian dari program Dinas Pendidikan, dan telah diakui oleh Wakil Walikota Padang ketika beliau melihat siswa tampil dengan berbahasa inggris di Kecamatan Padang Selatan".

Usia emas ini perlu ditumbuhkembangkan dalam rangka pembentukan karakter, maka dari itu, diharapkan kepada siswa agar bisa fokus dan antusias pada saat mengikuti pelajaran. Janganlah merasa malu, takut, serta saling merendahkan satu sama lainnya. Dihimbaukan kepada Kepala Sekolah,  guru, dan orang tua siswa, untuk bisa disetiap harinya meningkatkan pola pikir anak. Usahakan lebih banyak memberikan semangat kepada mereka, dan didiklah mereka dengan rasa ikhlas, pintanya. Ikhsan

Post a Comment

Previous Post Next Post