Bupati Tanah Datar Buka Pelatihan Pemberdayaan Potensi Masyarakat

Bupati Sematkan Pin Kepada Peserta SAR
Nn, Tanahdatar -- Tim SAR Tanah Datar yang dalam kiprahnya telah ikut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi di Tanah Datar, di Sumatera Barat seperti Gempa Mentawai dan bahkan didaerah lain seperti letusan Gunung Merapi di Yokjakarta.

Hal itu diungkapkan Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe ketika membuka  pelatihan Pemberdayaan Potensi Masyarakat kepada 200 tenaga tim SAR di Bumi Perkemahan belakang Istano Pagaruyung.

Ditambahkan Shadiq, atas nama masyarakat kabupaten Tanah Datar saya menyampaikan ucapan terimakasih atas semua kerja yang bersifat sosial itu dan kiranya mendapat imbalan dari Yang Maha Kuasa hendaknya, Amin.

Kepada petugas diharapkan kiranya pelatihan ini dapat diikuti dengan sungguh-sungguh sehingga akan menghasilkan nantinya tenaga yang terdidik dan terlatih, dan siap diterjunkan apabila terjadi bencana alam.  Kalau bencana itu datang diharapkan dalam waktu satu jam anggota SAR dan masyarakat terlatih ini sudah siap untuk diberangkatkan kelokasi,

Kalau terjadi bencana alam didaerah lain SAR Tanah Datar juga ikut berpartisipasi terjun langsung membantu masyarakat yang terkena musibah, masing-masing anggota SAR harus tahu siapa mengerjakan apa, dengan arti kata sudah jelas pembagian tugas masing-masing. Untuk biaya keberangkatan dan biaya selama menjalankan tugas diharapkan dibiayai dengan APBD Tanah Datar, sehingga tidak menambah beban bagi daerah yang terkena musibah, untuk itu pihak BPBD agar dapat menganggarkan biaya ini dalam APBD Tanah Datar.

Sementara itu Ketua Panitia pelatihan Drs.Altri Suandi melaporkan, Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 10 s/d 11 Mei 2011 dengan jumlah peserta sebanyak sekitar 200 orang untuk dua angkatan. Peserta berasal dari kecamatan Sungai Tarab 50 orang, Batipuh 50 orang Batipuh Selatan 10 orang, X Koto 45 orang, Pariangan 25 orang dan kecamatan Salimpaung 30 orang dari 40 Nagari. Instruktur dari BPBD Propinsi Sumatera Barat, Diklat Regional Baso, BPBD dan SAR Tanah Datar.  Rf

Post a Comment

Previous Post Next Post