Triwulan Pertama, Capaian Penerimaan PAD Telah 25,44%

Nn, Padang – Laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah tidak akan berjalan tanpa adanya kesolidan pemerintah dan masyarakat, saling memberi dan menerima merupakan hak dan kewajiban dari peranan masing-masing demi mendukung pembangunan daerah yang berkesinambungan. Dimana  masyarakat membayarkan pajaknya kepada pemerintah, dan pemerintah berkewajiban mengembalikannya dalam bentuk pembangunan.

Ini dijelaskan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Padang Ir. Hj Corri Saidan M,Si kepada wartawan nusantaranews.net diruang kerjanya.

Maka dari itu, pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) sangat bertanggungjawab terhadap pengelolaan keuangan dan asset daerah yang akuntabel untuk mendukung keberhasilan pembangunan daerah dengan meningkatkan kinerja, sarana dan prasarana serta kemampuan sumber daya aparatur, agar target pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya didapat.

Untuk tahun 2011 ini lanjut Corry, target penerimaan PAD yang harus dicapai pemerintah Kota Padang sebesar Rp. 1,189,254,888,659,55. Dan pada triwulan pertama (Januari s.d Maret) telah terealisasi sebesar Rp. 302,579,914,049,28 atau sebesar 25,44 persen.

Terkait adanya tunggakan pajak hotel dari pihak manajemen hotel Bumi Minang sebesar Rp. 1,4 milyar yang belum dilunasi, Corry menyatakan bahwa telah ada kesepakatan dari hotel Bumi Minang untuk mencicil tunggakan tersebut setiap bulannya. “saat ini, baru Rp. 200 juta telah dibayarkan, sedangkan sisa Rp. 1,2 milyar akan diangsur setiap bulannya”.

Kita juga menyadari, semenjak gempa 2009 hingga saat ini, kondisi bangunan hotel Bumi Minang belum juga dapat beroperasional. Namun mereka tetap akan melunasi pajak yang tertunggak, karena itu merupakan suatu kewajiban yang harus dilunasi.

Oleh karena itu, sesuai dengan visi dan misi dari DPKA, yaitu terwujudnya pengelolaan keuangan dan asset daerah yang akuntabel untuk mendukung pembangunan daerah, serta meningkatkan kondisi dengan stake holder dalam penyusunan pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi APBD, mudah-mudahan target untuk tahun 2011 terealisasi sesuai dengan harapan.**

Post a Comment

Previous Post Next Post