Bank Soal Dibahas Siswa

Nn, Batusangkar – Jelang Ujian Nasional siswa SD tahun pelajaran 2010-2011 akan dilaksanakan hari Senin  sampai Rabu, 10 – 12 Mei 2011. Kabid TK/SD Dinas Pendidikan Tanah Datar, Drs. Khairul Effendi dan Kasi Kurikulum TK/SD Jafri J. S.Pd, dalam keterangan persnya, hari ini  mengatakan bahwa jumlah murid SD se-Kabupaten Tanah Datar yang mengikuti UN tahun 2011 adalah 6.188 siswa (SD/MI). Ujian dilaksanakan 64 sekolah pelaksana dengan jumlah pengawas 688 orang.

“Demi keabsahan pelaksanaan ujian, kami mengadakan sistem pengawasan silang, guru pengawas dari SD di beda Kecamatan” demikian dikatakan Khairul.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Drs. Darisman, di setiap sekolah SD di Kab. Tanah Datar mempunyai program sukses UN sendiri-sendiri, diantaranya belajar tambahan sore dan evaluasi guru terhadap siswa. ”Kami juga menugaskan guru kelas VI untuk membuat model UN dengan indikator soal UN SD 2011 untuk dibahas bersama siswa”, ujar Darisman.

Selain usaha-usaha di atas setiap KKG (Kelompok Kerja Guru) SD di Kecamatan juga membuat model-model soal UN yang dijadikan Bank Soal yang setiap hari dibahas oleh siswa kelas VI.

Ketika ditanyakan tentang target pencapaian UASBN untuk 2011 ini Darisman mengatakan bahwa dengan peserta sejumlah 6.188 orang, ditargetkan jumlah nilai mereka dapat mencapai 23,50 per siswa dengan target rata-rata nilai 7,83. “Tanah Datar optimis dapat peringkat III di Sumatera Barat tahun 2011 ini, meningkat pada tahun 2010 menempati posisi V di Propinsi Sumbar”. Demikian harapan Darisman. Rf

Post a Comment

Previous Post Next Post